Connect with us

#Pemilu

WNI di Rumania dan Republik Moldova Menggunakan Hak Suaranya dalam Pemilu

WNI di Rumania dan Republik Moldova Menggunakan Hak Suaranya dalam Pemilu


JAKARTA – Warga Negara Indonesia (WNI) yang berdomisili di Rumania dan Republik Moldova menggunakan hak suaranya dalam Pemilihan Umum 2019, yang diselenggarakan pada Sabtu, (13/4/2019) di Bucharest.

Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Bucharest menyelenggarakan Pemilu bagi WNI yang tinggal di Rumania dan Republik Moldova sesuai dengan jadwal yang ditetapkan oleh KPU. Tanggal 13 April dipilih karena jatuh pada hari Sabtu dimana banyak WNI yang rata-rata bekerja dari Senin-Jumat sedang libur.

Dri relis yang diterima singgalang, jumlah pemilih WNI di Rumania dan Republik Moldova tercatat 141 orang dengan menggunakan metode pengiriman lewat pos atau memilih langsung di TPS 01 Bucharest. Pada hari Sabtu, dijadwalkan 84 WNI di Rumania dan Republik Moldova melakukan pemungutan suara secara langsung di TPS 01 Bucharest di lobi gedung KBRI Bucharest.

Sementara itu, 57 WNI lainnya yang berada di luar kota Bucharest akan menggunakan hak suaranya melalui pos dan surat suara mereka telah dikirimkan oleh PPLN Bucharest sejak akhir Maret 2019.

Dari 57 WNI yang menggunakan hak suara melalui pos, PPLN Bucharest telah menerima dan masih menunggu beberapa surat suara kembali sampai dengan 17 April 2019. Seluruh surat suara baru akan dibuka, disaksikan oleh warga pada tanggal penghitungan suara yakni 17 April 2019 jam 10.00 waktu Bucharest, menunggu selesainya pemungutan suara di tanah air.

PPLN Bucharest bertanggung jawab melaksanakan pemilu untuk Rumania dan Republik Moldova yang merupakan wilayah akreditasi KBRI Bucharest. Setelah menggunakan hak suaranya, para WNI menikmati sajian menu spesial pesta demokrasi yang disiapkan oleh KBRI Bucharest yakni nasi uduk dan ayam bumbu rica. (aci)



Sumber

Baca Selengkapnya
Advertisement
Loading...
Click to comment

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

#Pemilu

Nasrul Abit Menilai Partisipasi Pemilih di Sumbar Naik

Nasrul Abit Menilai Partisipasi Pemilih di Sumbar Naik


PADANG – Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit memperkirakan jumlah partispasi pemilih Sumbar pada Pemilu kali ini meningkat dari pemilu sebelumnya.

Hal tersebut dikatakannya berdasarakan hasil tinjauan ke beberapa ke TPS-TPS, diantaranya Painan dan Padang, Rabu (14/4) sore di Padang.

“Kita perkirakan partisipasi pemilih sumbar sekitar 80 persen, dibandingkan dengan Pemilu sebelumnya yang hanya 60-70 persen saja” katanya.

“Tentunya kami sangat memberikan apresiasi kepada seluruh masyarakat” sebutnya.

Kemudian, Nasrul Abit menghimbau kepada seluruh masyarakat sumbar untuk bersama menjaga keamanan dan ketentaraman selama pelaksanaan Pemilu.

“Apapun hasilnya kita semua harus menerima. Yang menang jangan berbangga hati dan yang kalah jangan pula berkecil hati, karena Pemilu ini adalah hasil demokrasi. Mari kita jaga kesatuan di Sumbar” harapnya.

Di Sumbae, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Barat menargetkan partisipasi pemilih dalam pemilu tahun ini sebesar 75 persen, jumlah itu berada di bawah target nasional yakni sebesar 77 persen.

Sebelumnya, Wakil Nasrul Abit terpaksa memberikan hak suaranya pukul 12.20 WIB di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 05 Perumnas Painan Timur, Pesisir Selatan karena Nasrul Abit dan keluarganya tidak masuk Di Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Hal tersebut dikarenakan Nasrul Abit dan keluarga tidak terdaftar di Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan terpaksa masuk dalam Daftar Pemilih Khusus (DPK).

“Petugas menyangka saya sudah pindah ke Padang seiring tugas menjadi wakil gubernur. Setelah dikonfirmasi, saya masuk dalam Daftar Pemilih Khusus (DPK) dan barus bisa memilih di jam 12.20 WIB,” katanya.

Nasrul Abit datang ke TPS bersama istrinya, Wartawati Nasrul Abit dan dua orang anaknya. Mereka kompak menggunakan baju warna putih.

Nasrul Abit dan keluarga datang menggunakan kendaraan pribadi dan mendaftar TPS pukul 12.10 WIB. (yose)



Sumber

Baca Selengkapnya

#Pemilu

Usai Mencoblos, Gubernur Pantau Sejumlah TPS di Padang

Usai Mencoblos, Gubernur Pantau Sejumlah TPS di Padang


PADANG  – Gubernur Irwan Prayitno beserta istri Nevi Zuairina dan empat anaknya hadir di (Tempat Pemungutan Suara) TPS 10 Kelurahan Jati Baru, Kecamatan Padang Timur, Padang, Rabu (17/4). Usai itu, Irwan langsung melakukan peninjauan pada sejumlah TPS.

Irwan dan Nevi bersama empat anaknya Ibrahim, showa, Laili dan Taqya tiba di TPS 10 pukul 08.20 WIB, walaupun Tagya ikut tapi belum bisa ikut mencoblos karena belum cukup umur.

Terlihat gubernur Irwan menyalami para pemilih lain yang sudah menunggu giliran mencoblos, merekapun ikut antri menunggu giliran, beberapa saat kemudian sekitar 20 menit nama Irwan Prayitno dipanggil untuk memberikan hak suara.

TPS 10 tersebut berada di halaman Kantor Dinas Kesehatan Provinsi Sumbar memiliki 219 pemilih. Kehadiran gubernur dan keluarga tak lain untuk memberikan hak suara.

“Kami sudah memberikan hak suara, siapa yang kami pilih, itu adalah rahasia,” ungkap Irwan Prayitno sambil tersenyum sambil menunjukkan jari kelingking yang sudah dicelupkan ke dalam botol tinta.

Setelah melakukan pencoblosan, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno bersama Kepala Kesbangpol Sumbar, Nazwir,  Kepala Biro Humas Sumbar, Jasman Rizal, dan Ketua KPU Kota Padang Muhammad Sawati, melakukan peninjauan beberapa TPS di daerah Kuranji dan Nanggalo.

Gubernur mengimbau, agar masyarakat untuk tetap menjaga situasi yang aman dan damai di hari Pemilu, jangan sampai ada yang terlibat golongan putih (golput).

“Terima kasih kepada masyarakat Sumbar yang sudah memberikan hak suara. Saya lihat masyarakat cukup antusias memberikan hak suara. Mari kita wujudkan Pemilu yang badunsanak yang aman dan damai di Sumbar ini,” ungkap Irwan. (yose)



Sumber

Baca Selengkapnya

#Pemilu

Rabu, 45.887 Pemilih akan Ikut Pemilu di Sawahlunto

SBLF Unggulkan Mahyeldi-Hendri pada Pilkada Padang


SAWAHLUNTO –  Sebanyak 45.887 pemilih di Sawahlunto akan memilih presiden, wakil presiden dan calon anggota legislatif (caleg) dalam Pemilu Serentak 2019, Rabu besok (17/4).

“Sehari menjelang pemilihan, surat suara dan perlengkapan pemungutan suara sudah didistribusikan ke KPPS, ” kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sawahlunto, Fadlan Armey kepada Singgalang, Senin (15/4).

Ia mengatakan, pendistribusian logistik itu, KPU Sawahlunto melibatkan PPK dan PPS. Dikawal PAM TPS serta TNI/Polri. Pendistribusian diawasi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sawahlunto termasuk di kecamatan, kelurahan dan desa.

Ketua KPU mengajak pemilih menggunakan hak pilih. “Suara yang diberikan pemilih menentukan pemimpin negeri ini masa mendatang. Gunakan hak pilih semestinya dan jangan golput, “ujar Fadlan.

Diingkatkannya, sebelum berangkat memilih, pastikan sudah membawa formulir model C6. Formulir C6 surat pemberitahuan pemungutan suara pada pemilih yang tertera nama pemilih, Nomor tempat pemungutan suara (TPS), nama desa atau kelurahan. Selain itu jugs boleh membawa KTP elektronik.

Dikemukakannya, 45.887 pemilih tersebar di 200 TPS yang berada di Daerah pemilihan (dapil) I Kecamatan Barangin. Dapil II, Kecamatan Talawi. Dapil III Kecamatan Lembah Segar-Kecamatan Silungkang. Di Sawahlunto ada 252 calon anggota DPRD setempat yang akan dipilih pemilih dari 20 kursi disediakan. (cong)



Sumber

Baca Selengkapnya

Populer

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com