Connect with us

#pemilu2019

Surat Suara Habis, Silahkan Nyoblos di TPS Sebelah

SBLF Unggulkan Mahyeldi-Hendri pada Pilkada Padang


JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) mempersilahkan pemilih bisa menggunakan hak pilihnya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) lain, asalkan Surat Suara telah habis di TPS awal.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Viryan Azis mengatakan dalam persoalan tersebut, pemilih terlebih dahulu harus melakukan pelaporan ke pihak Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) setempat. hal ini dimaksudkan agar KPPS TPS domilisi akan berkoordinasi dengan KPPS yang ditunjuk.

“Bisa (pindah surat suara habis), bisa. Kan itu nanti KPPS kita yang akan urus, prinsipnya Daftar Pemilih Khusus (DPK) dalam negeri harus sesuai dengan alamat pada KTP elektronik atau Surat Keterangan (Suket),” katanya kepada wartawan, di Kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat. Senin (15/4).

Melalui mekanisme yang dilakukan KPPS itu, nantinya pemilih terlebih dahuli tidak perlu mendatangi TPS lain, Melaninkan, menunggu informasi dari petugas KPPS di TPS sesuai DPT.

“Nanti diarahkan oleh jajaran kami, bukan pemilihnya sendiri datang. Artinya, selama masih ada di satu desa atau kelurahan TPS, yang lain nanti bisa dipindahkan ke situ. Tapi, nanti diarahkan oleh petugas kami oleh KPPS di TPS,” tutupnya dikutip dari okezone. (aci)



Sumber

Baca Selengkapnya
Advertisement
Loading...
Click to comment

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

#pemilu2019

KPU Resmikan Pusat Informasi Rekapitulasi Suara Pemilu 2019

Debat Putaran Kedua Pilkada Padang 12 Mei


JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) meresmikan ruang pusat informasi masyarakat mengenai hasil perhitungan suara dan hasil akhir perolehan di pemilu 2019.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman mengatakan, ruang informasi ini dapat terbuka untuk siapapun, serta bisa digunakan untuk melapor aduan hingga konferensi pers bagi peserta pemilu.

“Ruangan ini silakan dimanfaatkan oleh para stakeholder pemilu, kami tentu membuka diri apabila terjadi kesalahan-kesalahan yang ditemukan siapapun oleh masyarakat pemantau, oleh peserta pemilu. Silakan sampaikan ke kami, kami lakukan pengecekkan apabila terjadi kesalahan input tentu kami perbaiki berdasarkan dokumen yang ada,” ujar Arief di kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (20/4).

Ruang pusat informasi ini memiliki dua layar lebar di depan, dan tiga layar di masing-masing sudut sebelah kanan dan kiri. Layar tersebut akan menampilkan hasil situng pilpres dan pileg.

Dalam peresmian ruang pusat informasi ini dihadiri oleh Komisioner KPU, Ketua Bawaslu Abhan, angota Bawaslu Fritz Edward, Menkominfo Rudiantara, perwakilan parpol hingga sejumlah perwakilan dari TKN 01 dan BPN 02.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Abhan berharap dengan adanya ruangan pusat informasi ini semua pihak dapat mengawasi perhitungan pemilihan presiden ataupun pemilihan legislatif.

“Mari kita awasi bersama-sama proses rekapitulais yang mulai dari Kecamatan sampai dengan jadwal ini sampai jadwal nasional,” ungkap Abhan. (aci)



Sumber

Baca Selengkapnya

#pemilu2019

Real Count KPU Baru 3 Persen, Ini Hasilnya

KPU Resmi Tetapkan 7.968 Caleg Peserta Pemilu 2019


JAKARTA – Situs resmi Komisi Pemilihan Umum (KPU) terus memperbaharui perolehan suara Pilpres 2019. Setidaknya, hingga pukul 19.45 WIB, Jumat (19/4), KPU telah menghitung 24.487 dari 813.350 TPS, atau 3,01064 persen.

Data tersebut didapat dari pemilu2019.kpu.go.id. Di mana hasil sementara menunjukkan paslon 01 Jokowi-Ma’ruf Amin mendapat 2.562.042 suara atau 54,99 persen, dan paslon 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno mendapat 2.097.037 suara atau 45,01 persen.

Komisioner KPU Pramono Ubaid Tanthowi menegaskan Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng) atau real count KPU tidak akan mempengaruhi penetapan hasil pemilu 2019 karena rekapitulasi resmi tetap dilakukan secara manual.

“Kami tegaskan bahwa Situng itu betul-betul hanya untuk publikasi, sama sekali tidak ada kaitan dengan penetapan hasil akhir pemenang pemilu,” kata Komisioner KPU Pramono Ubaid Tanthowi ditemui di kantornya dikutip dari okezone. (aci)



Sumber

Baca Selengkapnya

#pemilu2019

Sembilan Polisi Gugur Saat Amankan Pemilu

Sembilan Polisi Gugur Saat Amankan Pemilu


JAKARTA – Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigjen Dedi Prasetyo mengatakan, setidaknya ada sembilan anggota Polri yang meninggal dunia saat melaksanakan tugas pengamanan Pemilu 2019.

“Ada sembilan orang anggota Polri yang meninggal dunia saat tugas pengamanan TPS dan pasca penghitungan suara,” kata Brigjen Dedi saat dihubungi, Jumat (19/4).

Sembilan polisi yang gugur tersebut yakni Aiptu M. Saepudin, Bhabinkamtibmas Cilengkrang, Polsek Cileunyi, gugur karena kelelahan setelah mengawal distribusi kotak suara.

Kemudian Aiptu M. Supri, anggota Polresta Sidoarjo, gugur saat melaksanakan pengamanan di TPS 21 di Desa Bareng Krajan, Kecamatan Krian, Sidoarjo, Jawa Timur, dan AKP Suratno, Panit Subdit II
Ekonomi Ditintelkam Polda Kaltim, gugur karena sakit.

Selanjutnya Brigadir Prima Leion Nurman Sasono, anggota Polsek Cerme Polres Bondowoso, gugur karena mengalami kecelakaan menuju TPS, dan Bripka Ichwanul Muslimin, anggota Polres Lombok Tengah
Polda NTB, gugur karena kecelakaan ketika menuju salah satu polsek untuk apel kesiapan pengamanan TPS.

Tak hanya itu, Aipda Stef Pekualu, anggota Polres Kupang NTT, gugur saat tugas pengamanan Pemilu 2019. Berikutnya, Brigadir Arif Mustaqim, anggota Brimob Cikarang Polda Metro Jaya, gugur saat pengamanan Pemilu 2019, dan Brigadir Slamet Dardiri, anggota Polsek Tosari Polres Pasuruan, gugur dalam kecelakaan saat pengamanan Pemilu 2019.

Diwartakan okezone, selain itu Brigjen Syaiful Zachri, Dirbinpotmas Korbinmas Baharkam Polri, gugur akibat serangan jantung dalam tugas pasca Pemilu di Labuan Bajo, NTT. (aci)



Sumber

Baca Selengkapnya

Populer

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com