Connect with us

News

Senyum Dibalik Bencana, Lelaki Tua dengan Keringat Mengucur Deras Manfaatkan Sisa Banjir

Senyum Dibalik Bencana, Lelaki Tua dengan Keringat Mengucur Deras Manfaatkan Sisa Banjir


Sabtu, 11 Agustus 2018 – 21:22:39 WIB – 31

Pak tua ubah bencana jadi rahmat

FEATURE — Hangatnya Mentari Pagi sambut cerahnya akhir pekan pada Sabtu, 11 Agustus 2018 di kota kecil Lubuk Sikaping, cuaca seperti ini sangat cocok untuk pergi liburan lepas penat dan bertamasya ke tempat wisata seperti Puncak tonang dan beberapa wahana indah lainnya. Namun, dibeberapa sudut kota seperti ditepi jalan dekat Jembatan Kampung Lintang bentaran sungai paninggalan masih tersisa material tumpukan kayu dan pasir, hal ini disebabkan oleh Bencana Banjir Bandang meluapnya sungai Paninggalan dan Sungai Batang Pakau pada Sabtu sore tanggal 4 Agustus 2018 yang lalu.

Hentakan Kampak seorang lelaki tua terlihat serius menghantam bungkahan kayu kayu yang terdampar dipinggiran sungai Paninggalan, peluhnya nan bercucuran seolah membaur dengan gemercik air sungai yang mengalir jernih. Siapa nyana jika ternyata bencana Banjir Bandang yang terjadi di Lubuk Sikaping justru di satu sisi membawa berkah tersendiri bagi Sarman (73) sebagai salah seorang warga sekitaran sungai Paninggalan di Kampung Lintang, Lubuk Sikaping.

Usianya sama persis dengan dirgahayu Republik Indonesia tercinta ini, semestinya beliau sudah cukup mencari rezeki untuk penghidupan dan beristirahat dirumah untuk menikmati hari tua dengan rasa gembira bersama anak dan cucunya. Akan tetapi deraan ekonomi yang menghimpit membuat Beliau tetap bersemangat walau nafasnya terkadang terengah engah.

Biasanya sungai ini dikeruk dalam jangka waktu yang dekat oleh pihak terkait agar musibah bencana air sungai meluap ini dapat diredam,” ungkap Sarman sambil mulutnya mengucah pinang muda saat dihampiri oleh MinangkabauNews, Sabtu pagi (11/08/2018).

Tambahnya lagi, Kayu yang dipotong potong kecil ini dapat dijadikan untuk bahan bakar memasak sehari-hari dirumah dan juga bisa dijual dengan satu ikatnya seharga sepuluh ribu rupiah,” ujar Sarman.

Sebahagian besar warga masih trauma, beberapa waktu belakangan ini Kabupaten Pasaman dilanda musibah, selain banjir bandang dilubuksikaping ini, kampung Lundar dan kampung Landak Nagari timur Kecamatan Panti juga dilanda angin puting beliung serta banjir bandang yang menerjang perkampungan warga. Namun dibalik bencana alam serta musibah banjir bandang yang diduga kuat sebagai akibatkan dari ulah sebagian oknum yang tidak bertangung jawab membuka lahan kebun dengan membabat hutan di sekitarnya justru membawa rejeki bagi Sarman.

Apapun bentuk musibah atau bencana yang melanda, pada hakikatnya memiliki peran besar dalam mendidik jiwa. Jiwa perlu dilatih untuk memiliki keteguhan hati, keteguhan sikap, terlatih dan senantiasa waspada terhadap sekitar.

Musibah merupakan proses sebab akibat dari tindakan seseorang. Musibah juga merupakan peringatan dari Allah SWT sebagai ujian keimanan dan musibah tidak selamanya tanda kemurkaan Allah SWT.

Saat musibah datang, manusia akan menyadari bahwa tidak ada Perlindungan diri kecuali kepada Allah SWT saja, ketika tidak ada tempat bergantung selain kepada-Nya, tidak ada pertolongan kecuali dari pada-Nya. Allah SWT berfirman: “Tidak ada sesuatu musibah pun yang menimpa seseorang kecuali dengan izin Allah dan barang siapa yang beriman kepada Allah, nescaya Dia akan memberi petunjuk kepada hatinya”.(Surah At-Taghabun: 11). (M. AFRIZAL)

Polling Capres cawapres 2019-2024

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi

Tag: pasaman,sumatra-barat

Kebakaran Hanguskan 13 Rumah di Ampang Gadang, Relawan PMI Bukittinggi Berikan Pertolongan

Kebakaran Hanguskan 13 Rumah di Ampang Gadang, Relawan PMI Bukittinggi Berikan Pertolongan

BUKITTINGGI – Staf dan Relawan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bukittinggi yang setiap hari berada di markas, siap…

Wujud Soliditas Sesama, Puluhan Wartawan PWI Pariaman Gelar Aksi Donor Darah

Wujud Soliditas Sesama, Puluhan Wartawan PWI Pariaman Gelar Aksi Donor Darah

PARIAMAN — Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Padang Pariaman, Sumatera Barat menggelar aksi donor darah di kalangan…

PMI Bukittinggi Galang Donasi untuk Lombok

PMI Bukittinggi Galang Donasi untuk Lombok

BUKITTINGGI – Indonesia berduka dengan terjadi gempa bumi yang melanda Pulau Lombok, Provinsi Nusa Tenggara Barat…

Ranperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD 2017 Tanah Datar Disahkan Jadi Perda

Ranperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD 2017 Tanah Datar Disahkan Jadi Perda

TANAH DATAR – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kabupaten Tanah Datar kembali mengadakan Rapat Paripurna pendapat…

18 Atlet Sumbar Perkuat Indonesia di Ajang Asian Games 2018, Kadispora Sumbar Beri Support

18 Atlet Sumbar Perkuat Indonesia di Ajang Asian Games 2018, Kadispora Sumbar Beri Support

JAKARTA – Sebanyak 14 atlet Sumatera Barat dipanggil mengikuti Pelatnas untuk memperkuat tim Indonesia diajang Asian…

(function(d, s, id) {
var js, fjs = d.getElementsByTagName(s)[0];
if (d.getElementById(id)) return;
js = d.createElement(s); js.id = id;
js.src = “http://connect.facebook.net/id_ID/sdk.js#xfbml=1&version=v2.8&appId=1208534375853801”;
fjs.parentNode.insertBefore(js, fjs);
}(document, ‘script’, ‘facebook-jssdk’));



Sumber

Daerah

Masyarakat Merasa Terayomi Dengan Adanya Bhaksoyankesmas di TMMD Mentawai

Masyarakat Merasa Terayomi Dengan Adanya Bhaksoyankesmas di TMMD Mentawai


Masyarakat Merasa Terayomi Dengan Adanya Bhaksoyankesmas di TMMD MentawaiReviewed by Koko Rakasiwion.This Is Article AboutMasyarakat Merasa Terayomi Dengan Adanya Bhaksoyankesmas di TMMD MentawaiTUA PEJAT, RedaksiSumbar.com–Masyarakat kepulalaun Mentawai berbondong-bondong memenuhi halaman Rumah Sakit Umum Daerah ( RSUD ) Rabu 20 Maret 2019. Mereka datang dengan.membawa berbagai keluhan dan sakit yang dirasakannya. Masyarakat terluhat sangat antusias dengan layanan yang diberikan oleh para tenaga medis dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Mentawai yang bekerjasama d3ngan Kodim 0319 dalam rangkaian TMMD 104 […]

TUA PEJAT, RedaksiSumbar.com–Masyarakat kepulalaun Mentawai berbondong-bondong memenuhi halaman Rumah Sakit Umum Daerah ( RSUD ) Rabu 20 Maret 2019. Mereka datang dengan.membawa berbagai keluhan dan sakit yang dirasakannya. Masyarakat terluhat sangat antusias dengan layanan yang diberikan oleh para tenaga medis dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Mentawai yang bekerjasama d3ngan Kodim 0319 dalam rangkaian TMMD 104 tahun 2019

Lebih kurang 484 orang antri di bawah tenda yang telah disediakan oleh pihak Rumah Sakit Umum Daerah Mentawai dan mereka dengan sabar menunggu namanya dipanggil satu perasatu. Disitu warga Bumi Sikerei ini menerima pelayanan diantaranya chek up umum, khitanan massal, perawatan gigi, dan lainnya.

Disamping itu di aula Makodim 0319 juga diadakan penyuluhan gerakan masyarakat yang dihadiri oleh para ibu-ibu yang berjumlah lebih kurang 100 orang.

Tim dari Kementrian Kesehatan RI yang dipimpin oleh Kolonel Infantri Shandy beserta rombongan melakukan peninjauan ke lokasi dimana kegiatan ini dilaksanakan. Rombongan disambut oleh Dandim 0319 Letkol Czi Didid,Kasdim mayor TNI Puwadi, Kepala Dinas Kesehatan Lahkudin,Skm, dan beberapa Kepala OPD dilingkungan Pemkab Mentawai.

Kepala Dinas Kesehatan Lahmudin Siregar mengatakan, setelah mengunjungi Rumah Sakit rombongan melanjutkan kunjungannya ke kantor BPBD dan Instalasi Farmasi guna melihat kesiapan dalam penanggulangan terjadi bencana .Apakah sudah terbentuk tim kesiapan penanggulangan kesiagaan Megathrush yang saat ini tengah diwaspadai di Mentawai.

Dikatakan Lahmudin, dengan adanya TMMD di Mentawai dia sangat mengaplause kegiatan ini dimana kita semua tahu kegiatan TMMD ini bertujuan dan bersentuhan langsung dengan masyarakat .Dimana sebelumnya masyarakat enggan datang ke Puskesmas atau Rumah Sakit untuk berobat.Dengan adanya TMMD ini dengan sistim jemput bola maka masyarakat yang tinggalnya jauh dipedalamab dapat terjangkau dalam pemberia layanan.Lahmudin mengatakab TNI memang luar biasa.( Daniwarti).

http://connect.facebook.net/en_US/all.js#xfbml=1(function(d, s, id) {
var js, fjs = d.getElementsByTagName(s)[0];
if (d.getElementById(id)) {return;}
js = d.createElement(s); js.id = id;
js.src = “http://connect.facebook.net/en_US/all.js#xfbml=1”;
fjs.parentNode.insertBefore(js, fjs);
}(document, ‘script’, ‘facebook-jssdk’));



Sumber

Baca Selengkapnya

Daerah

Pentas Seni Merupakan Edukasi Pada Generasi Milenial di Pemilu 2019 Mendatang.

Pentas Seni Merupakan Edukasi Pada Generasi Milenial di Pemilu 2019 Mendatang.


Pentas Seni Merupakan Edukasi Pada Generasi Milenial di Pemilu 2019 Mendatang.

Pentas Seni Merupakan Edukasi Pada Generasi Milenial di Pemilu 2019 Mendatang.Reviewed by Koko Rakasiwion.This Is Article AboutPentas Seni Merupakan Edukasi Pada Generasi Milenial di Pemilu 2019 Mendatang.TUA PEJAT, RedaksiSumbar.com–Dalam rangka meningkatkan kepedulain generasi muda yang lebih dikenal generasi milenial dalam partisipasinya pada Pemilu 2019 ini,Komisi Pemilihan Umum ( KPU) kabupaten kepulauan Mentawai mengadakan sosialisasi pemilu melalui pentas seni yang diikuti oleh generasi milenial kalangan pelajar tingkat SLTA. Acara diadakan dinhalaman kantor Dinas Perhubungan dekat dermaga Fery. Ketua KPUD Kabupaten Kepulauan Mentawai […]

TUA PEJAT, RedaksiSumbar.com–Dalam rangka meningkatkan kepedulain generasi muda yang lebih dikenal generasi milenial dalam partisipasinya pada Pemilu 2019 ini,Komisi Pemilihan Umum ( KPU) kabupaten kepulauan Mentawai mengadakan sosialisasi pemilu melalui pentas seni yang diikuti oleh generasi milenial kalangan pelajar tingkat SLTA. Acara diadakan dinhalaman kantor Dinas Perhubungan dekat dermaga Fery.

Ketua KPUD Kabupaten Kepulauan Mentawai Eki Butman mengatakan kegiatan ini sasarannya adalah para kaum milenial atau pemilih pemula dan generasi muda. Ini adalah usaha KPUD Mentawai dengan para generasi muda dan berkreasi dalam menghadapi pemilu 17 April 2019 yang sebentar lagi akan dilaksanakan.

Dijelaskan Eki, dengan dikemasnya sosialisasi dan himbauan untuk memilih dalam berbentuk acara seni ini,mengajak para pemuda dan pemudi ikut jadi peserta pada kegiatan ini. Dalam kegiatan ini terkandungbunsur edukasi dan nilai-nilai seperti pada stand up komedi, disitubada muatan pemilunya.Dengan diadakannya kegiatan seperti ini secara tak langsung kita telah memberikan edukasi pada pelaksanaan pemilu yang akan datang.

Pada kesempatan ini Ketua KPUD Mentawai Eki Butman berharap di Mentawai berlangsung pemilu damai, indah dan sejuk.Dengan adanya seni maka kegiatan pemilu akan menjadi indah damai dan adem.Pada masa menjelang pemilu ini hendaknya suasana jangan tegang dan terfokus pada kampanye saja.Marilah kitabisi dengan seni dan kreatifitas yang mengisi ajakab untuk tidak Golput.

( Daniwarti).

http://connect.facebook.net/en_US/all.js#xfbml=1(function(d, s, id) {
var js, fjs = d.getElementsByTagName(s)[0];
if (d.getElementById(id)) {return;}
js = d.createElement(s); js.id = id;
js.src = “http://connect.facebook.net/en_US/all.js#xfbml=1”;
fjs.parentNode.insertBefore(js, fjs);
}(document, ‘script’, ‘facebook-jssdk’));



Sumber

Baca Selengkapnya

Daerah

Kecelakaan Maut Di Pasbar 2 Orang Pengendara Motor Meninggal Dunia

Kecelakaan Maut Di Pasbar 2 Orang Pengendara Motor Meninggal Dunia


Kecelakaan Maut Di Pasbar 2 Orang Pengendara Motor Meninggal DuniaReviewed by Koko Rakasiwion.This Is Article AboutKecelakaan Maut Di Pasbar 2 Orang Pengendara Motor Meninggal DuniaPASAMAN BARAT, RedaksiSumbar.com – Jalan nasional yang menghubungkan Simpang Empat – Ujung Gading, Kabupaten Pasaman Barat makan korban jiwa. Setelah terjadi kecelakaan antara mobil dengan sepeda motor, Rabu (20/3/2019) sekitar pukul 13.20 Wib. Kejadian kecelakaan yang menewaskan 2 orang itu terjadi di Jorong Kampung Alang, Nagari Muaro Kiawai, Kecamatan Gunung Tuleh, Kabupaten Pasaman Barat, Sumbar. […]

PASAMAN BARAT, RedaksiSumbar.com – Jalan nasional yang menghubungkan Simpang Empat – Ujung Gading, Kabupaten Pasaman Barat makan korban jiwa. Setelah terjadi kecelakaan antara mobil dengan sepeda motor, Rabu (20/3/2019) sekitar pukul 13.20 Wib.

Kejadian kecelakaan yang menewaskan 2 orang itu terjadi di Jorong Kampung Alang, Nagari Muaro Kiawai, Kecamatan Gunung Tuleh, Kabupaten Pasaman Barat, Sumbar.

Dijelaskan Kapolres Pasaman Barat melalui Kasatlantas Polres Pasbar, Iptu Ghanda. S.I.K, kejadian berawal mobil honda BRV Nopol BK-1712-YZ yang dikemudikan oleh Juandi Edison Sihombing (37) warga PT. BPP Air Balam datang dari arah Pasar Kiawai menuju Sungai Aur.

Diduga dengan kecepatan tinggi saat melewati tikungan, posisi mobil BRV melebar ke kanan jalan. Sehingga, tertabrak Sepeda Motor Honda Vario dikendarai oleh Nasril Hidayat (14) yang sedang berboncengan dengan Harsila Hafis Prayoga (11) yang datang dari arah berlawanan.

“Akibat dari kecelakaan tersebut mengakibatkan pengendara sepeda motor atas nama Nasril Hidayat meninggal ditempat. Sementara Harsila Hafis Prayoga meninggal di Rumah Sakit Yarsi Simpang Empat. Keduanya warga Jorong Kampung Alang,” terang Kasat.

Dari kejadin itu, Satlantas Polres Pasaman Barat mengamankan mobil BRV dan Sepeda Motor. Sementara sopir sedang dilakukan pemeriksaan di Mapolres Pasaman Barat.

“Sekarang barang bukti sudah diamankan di Mapolres Pasaman Barat beserta sopir mobil sedang dimintai keterangan. Akibat kecelakaan itu diperkirakan mengalami kerugian materil lebih kurang Rp. 15.000.000,” jelas Kasat.

(Bisri Batubara)

http://connect.facebook.net/en_US/all.js#xfbml=1(function(d, s, id) {
var js, fjs = d.getElementsByTagName(s)[0];
if (d.getElementById(id)) {return;}
js = d.createElement(s); js.id = id;
js.src = “http://connect.facebook.net/en_US/all.js#xfbml=1”;
fjs.parentNode.insertBefore(js, fjs);
}(document, ‘script’, ‘facebook-jssdk’));



Sumber

Baca Selengkapnya

Populer

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com