Connect with us

News

Rumah Baca Anak Nagari Gairahkan Minat Baca Anak-anak

Rumah Baca Anak Nagari Gairahkan Minat Baca Anak-anak


Selasa, 21 Agustus 2018 – 15:47:51 WIB – 36

Rumah Baca Anak Nagari Gairahkan Minat Baca Anak-anak

Sry Eka Handayani,M.Pd foto bersama kadis perpustakaan dan kearsipan, kabid disbud dan anak-anak

BUKITTINGGI — Rumah baca anak nagari dengan motto “Menumbuhkan Minat baca Mencerdaskan Bangsa” yang terletak di jalan Kusuma Bakti no. 12 Simpang Taman Ujung By Pass Kecamatan Mandiangin Koto Selayan merupakan rumah milik Sry Eka Handayani,M.Pd seorang pemerhati literasi dan juga seorang penulis serta tenaga pendidik sekolah dasar 10 Sapiran.

Sry menjelaskan, Senin, (20/8/2018) dikediamannya, bahwa dalam rangka memperingati detik-detik Proklamasi Kemerdekaan ke-73 tahun 2018 mengusung tema “Dahulu berjuang dengan senjata, kini berjuang dengan buku”, rumah baca anak nagari menggelar cerita dongeng yang disampaikan kak Niki dari Padang Panjang dan berbagai perlombaan anak-anak. Pada kesempatan itu hadir Drs. Johnni, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Kabid Paud disdikbud, Kasi kearsipan dan orangtua anak-anak.

“Jadi sebagai anak nagari untuk maju kedepannya, bagaimana menumbuhkembangkan minat baca, bahan buku bacaan yang ada ini dari koleksi pribadi Sry sendiri, dari Kementrian, pengarang luar negeri, teman-teman anggota sastra dari Malaysia, dan juga dari penerbit buku. Sry pun berharap adanya donasi buku, terutama buku bacaan anak-anak,” tuturnya.

Lanjutnya, Program yang dilakukan untuk menghindari anak-anak jenuh dalam membaca, Sry menjalankan program menulis dan bercerita serta diberi pelajaran mendongeng dan berpuisi. apa yang dilakukan lomba kini, ada lomba membaca, menulis, dan bercerita. Disamping itu ada juga lomba tradisional seperti, congklak, enggrang, dan bola.

Anak-anak yang datang ke rumah baca anak nagari ini, tidak hanya anak-anak lingkungan sekitar, tapi ada juga dari luar lingkungan, bahkan ada juga yang datang dari jauh. Sebanyak sekitar 50 orang anak-anak setiap hari Sabtu dan Minggu datang, memang rumah ini sengaja ditata agar anak-anak senang untuk membaca.

Sry yang mempunyai kegemaran membaca, menulis, berpuisi, mendongeng, bercerita dan juga memiliki berbagai macam tulisan seperti karya tulis dan Buku yang ber ISBN.

Ia pun sering mengikuti lomba-lomba penulisan karya ilmiah, pelatihan pembuatan buku ajar yang responsive gender tingkat nasional dan aktif di Forum Bukittinggi Cerdas sebagai Wakil, ucap Sry.

Sementara itu, Drs.Johnni, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Bukittinggi mengapresiasi kegiatan yang dilakukan pemerhati literasi, karena kita lihat perkembangan kejiwaan anak-anak dengan adanya perkembangan tehnologi yang bersifat positif negatif. Jadi dari itu kita bisa mengalihkan perhatian anak-anak dari gedget ke buku untuk membaca, ungkap Johnni.

Dan juga diadakan acara literasi di sekolah-sekolah, lanjut Johnni, dengan seperti ini mudah-mudahan anak-anak menarik untuk membaca. Dinas perpustakaan dan kearsipan menyediakan pustaka keliling dari sekolah ke sekolah, sehingga membuat anak-anak banyak yang minat meminjam untuk membaca.

“Kini sudah ada beberapa sekolah dasar mengajukan permohonan untuk mengisi acara literasi, dicontohkannya seperti di Birugo, antusias anak-anak cukup bagus. Dibeberapa sekolah telah diterapkan untuk taman baca, karena peraturan Menteri Pendidikan yang mengatakan minimal 1 hari kita membaca buku 30 menit,” pungkas Johnni. (Iwin SB)

Polling Capres cawapres 2019-2024

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi

Tag: bukittinggi,sumatra-barat

Menteri Kabinet Kerja jadi Tim Sukses Jokowi, Begini Tanggapan Fadli Zon

Menteri Kabinet Kerja jadi Tim Sukses Jokowi, Begini Tanggapan Fadli Zon

POLITIK – Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon tak masalah ada menteri yang masuk ke Timses Joko Widodo…

Dua Pengedar Narkoba Dibekuk Polisi di Pariaman, 11 Paket Shabu Diamankan

Dua Pengedar Narkoba Dibekuk Polisi di Pariaman, 11 Paket Shabu Diamankan

PARIAMAN – Satresnarkoba (Satuan Reserse Narkoba) Polresta Pariaman berhasil meringkus dua orang pengedar sekaligus…

Gempa Bumi 7,0 SR Guncang Lombok, Guncangannya Terasa di Posko ACT

Gempa Bumi 7,0 SR Guncang Lombok, Guncangannya Terasa di Posko ACT

LOMBOK UTARA — Gempa bumi berkekuatan 7,0 pada skala Richter (SR) mengguncang Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara…

Mantan Sekretaris Jenderal PBB Kofi Annan Wafat

Mantan Sekretaris Jenderal PBB Kofi Annan Wafat

INTERNASIONAL – Dunia berduka. Mantan Sekretaris Jenderal Konfi Annan meninggal dunia pada usia 80 tahun, demikian…

Terciduk Prostitusi, 4 Atlet Basket Jepang Dipulangkan dari Asian Games

Terciduk Prostitusi, 4 Atlet Basket Jepang Dipulangkan dari Asian Games

ASIAN GAMES 2018 – Kontingen Jepang memulangkan empat orang atletnya. Di sela-sela Asian Games 2018, keempat atlet…

(function(d, s, id) {
var js, fjs = d.getElementsByTagName(s)[0];
if (d.getElementById(id)) return;
js = d.createElement(s); js.id = id;
js.src = “http://connect.facebook.net/id_ID/sdk.js#xfbml=1&version=v2.8&appId=1208534375853801”;
fjs.parentNode.insertBefore(js, fjs);
}(document, ‘script’, ‘facebook-jssdk’));



Sumber

Daerah

Mobil Dinas TNI AL Terbakar

Mobil Dinas TNI AL Terbakar


Mobil Dinas TNI AL Terbakar

Mobil Dinas TNI AL TerbakarReviewed by Koko Rakasiwion.This Is Article AboutMobil Dinas TNI AL TerbakarPADANG, RedaksiSumbar.com– Sebuah mobil dinas milik TNI-AL terbakar disimpang Jondul, Kecamatan Padang Selatan Kota Padang, Senin 14 Januari 2019 pukul 15.00 wib. Dari pantauan RedaksiSumbar.com dilapangan mobil tersebut diduga mengalami korsleting listrik dibagian mesin sehingga mengakibatkan mobil tersebut mengeluarkan api. Beruntung kejadian tersebut tidak menimbulkan korban nyawa, dan kerugian materil akibat kebakaran tersebut belum diprediksi. […]

PADANG, RedaksiSumbar.com– Sebuah mobil dinas milik TNI-AL terbakar disimpang Jondul, Kecamatan Padang Selatan Kota Padang, Senin 14 Januari 2019 pukul 15.00 wib.

Dari pantauan RedaksiSumbar.com dilapangan mobil tersebut diduga mengalami korsleting listrik dibagian mesin sehingga mengakibatkan mobil tersebut mengeluarkan api.

Beruntung kejadian tersebut tidak menimbulkan korban nyawa, dan kerugian materil akibat kebakaran tersebut belum diprediksi.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Padang Hendrizal Azhar mengatakan ” kita menerjunkan dua unit Armada untuk menjinakan api yang hampir membakar keseluruhan mobil dinas milik TNI AL tersebut, beruntung api dengan cepat bisa dijinakan”tutupnya.

Dua armada diturunkan untuk menjinakan sijago merah.

[Tim Liputan]

http://connect.facebook.net/en_US/all.js#xfbml=1(function(d, s, id) {
var js, fjs = d.getElementsByTagName(s)[0];
if (d.getElementById(id)) {return;}
js = d.createElement(s); js.id = id;
js.src = “http://connect.facebook.net/en_US/all.js#xfbml=1”;
fjs.parentNode.insertBefore(js, fjs);
}(document, ‘script’, ‘facebook-jssdk’));



Sumber

Baca Selengkapnya

Daerah

TNI – Polri Lakukan Penanaman Pohon di Pasaman Barat

TNI – Polri Lakukan Penanaman Pohon di Pasaman Barat


TNI – Polri Lakukan Penanaman Pohon di Pasaman BaratReviewed by Koko Rakasiwion.This Is Article AboutTNI – Polri Lakukan Penanaman Pohon di Pasaman BaratPASAMAN BARAT, RedaksiSumbar.com – Sebagai upaya peningkatan sinergitas antara TNI dan Polri di Kabupaten Pasaman Barat, secara bersama melakukan penanaman pohon di areal kantor Polsek Pasaman, Jumat (11/1/2019). Adapun kerjasama itu dilakukan oleh Koramil 02/Simpang Empat Kodim 0305/Pasaman bersama jajaran Polsek Pasaman, Polres Pasaman Barat. Menurut Danramil 02/Simpang Empat, Kapten Lilik Surianto kegiatan penanaman pohon, […]

PASAMAN BARAT, RedaksiSumbar.com – Sebagai upaya peningkatan sinergitas antara TNI dan Polri di Kabupaten Pasaman Barat, secara bersama melakukan penanaman pohon di areal kantor Polsek Pasaman, Jumat (11/1/2019).

Adapun kerjasama itu dilakukan oleh Koramil 02/Simpang Empat Kodim 0305/Pasaman bersama jajaran Polsek Pasaman, Polres Pasaman Barat.

Menurut Danramil 02/Simpang Empat, Kapten Lilik Surianto kegiatan penanaman pohon, selain untuk proses penghijauan, kegiatan itu juga memperlihatkan bagaimana sinergitas pihak TNI dan Polri terutama di wilayah kerja Kabupaten Pasaman Barat.

“Kegiatan yang dilaksanakan itu menunjukkan keakraban personil TNI-Polri dilapangan,” ujarnya.

Dijelaskannya, kegiatan penanaman pohon ini adalah tindak lanjut dalam mendukung kegiatan Kodim 0305/Pasaman yang pernah dilaksanakan di wilayah Pasaman Barat beberapa waktu sebelumnya.

Adapun manfaat atas kegiatan ini kata Danramil, daerah yang terancam gersang serta tandus akan menjadi tempat yang indah apalagi di lokasi Polsek Pasaman yang masih terbilang baru dan akan menjadi tempat yang sering dikunjungi masyarakat dalam segi hal pelayanan.

“Terimakasih atas kerjasama Polsek Pasaman beserta jajarannya dalam mendukung penuh kegiatan ini. Sinergitas ini diharapkan akan menjadi momentum kita untuk selalu kompak di lapangan menghadapi seluruh tantangan dalam menjaga keutuhan NKRI,” harapnya.

Ditambahkan, Kapolsek Pasaman, AKP. Dedy Ardiansyah Putra mengatakan rasa syukur dan terimakasih kepada pihak TNI yang menjadikan lokasi Polsek Pasaman sebagai tempat penanaman pohon dalam rangka penghijauan kali ini.

“Polsek Pasaman ini baru selesai dibangun dan akan diresmikan dalam beberapa waktu kedepannya,” katanya.

Dikatakannya, dengan penghijauan itu maka beberapa tahun ke depan akan membuat kantor Polsek indah dan nyaman.

“Terimakasih atas komunikasi dan hubungan baik yang terjalin selama ini antara pihak Koramil Simpang Empat dengan pihak Polsek Pasaman dalam menjaga keamanan dan ketertiban wilayah kita,” ujarnya. (Bisri Batubara)

http://connect.facebook.net/en_US/all.js#xfbml=1(function(d, s, id) {
var js, fjs = d.getElementsByTagName(s)[0];
if (d.getElementById(id)) {return;}
js = d.createElement(s); js.id = id;
js.src = “http://connect.facebook.net/en_US/all.js#xfbml=1”;
fjs.parentNode.insertBefore(js, fjs);
}(document, ‘script’, ‘facebook-jssdk’));



Sumber

Baca Selengkapnya

Daerah

Auto Reload Dikupak Maling, Pemilik Menderita Kerugian 60.000.000

Auto Reload Dikupak Maling, Pemilik Menderita Kerugian 60.000.000


Auto Reload Dikupak Maling, Pemilik Menderita Kerugian 60.000.000

Auto Reload Dikupak Maling, Pemilik Menderita Kerugian 60.000.000Reviewed by Koko Rakasiwion.This Is Article AboutAuto Reload Dikupak Maling, Pemilik Menderita Kerugian 60.000.000PADANG, RedaksiSumbar.com– Auto Reolad ponsel, yang berada di Jalan Ujung Gurun, Kecamatan Padang Barat dibobol maling. Seluruh Handphone yang berada dalam counter habis dibawa oleh maling tersebut, kerugian ditafsir kurang lebih sebanyak Rp.60.000.000 (Enam Pulub Juta Rupiah). Aksi pembobolan tersebut diketahui pertama kali oleh Kepala Toko yang hendak membukak toko pada hari, Selasa 14 Januari […]

PADANG, RedaksiSumbar.com– Auto Reolad ponsel, yang berada di Jalan Ujung Gurun, Kecamatan Padang Barat dibobol maling.
Seluruh Handphone yang berada dalam counter habis dibawa oleh maling tersebut, kerugian ditafsir kurang lebih sebanyak Rp.60.000.000 (Enam Pulub Juta Rupiah).

Aksi pembobolan tersebut diketahui pertama kali oleh Kepala Toko yang hendak membukak toko pada hari, Selasa 14 Januari 2019 pukul 08.00 wib

Neli karyawan yang bertugas membuka toko tersebut kaget saat menemukan kondisi pintu toko sudah terbuka dan kaca etalse pecah handphone yang ada pun lenyap.Karyawan toko langsung melaporkan kejadian kepada pemilik Auto Reolad, Hariadi SP.

“disaat mengetahui kejadian tersebut saya langsung mendatangi toko saya, maling tersebut masuk dengan merusak pintu bagian depan toko serta merusak etalase tempat handphone dipajang, tidak hanya itu, maling tersebut juga membawa mesin Dekorder CCTV”ungkap Hariadi.

Pemilik toko pun langsung mendatang Polsek Padang Barat guna melaporkan hal tersebut, selang beberapa lama pihak kepolisian mendatangi TKP guna penyelidikan.

“Saya berharap pihak Kepolisian mengusut tuntas dengan cepat kejadian yang menimpa saya tersebut”tutup Hadi.

[Tim Liputan]

http://connect.facebook.net/en_US/all.js#xfbml=1(function(d, s, id) {
var js, fjs = d.getElementsByTagName(s)[0];
if (d.getElementById(id)) {return;}
js = d.createElement(s); js.id = id;
js.src = “http://connect.facebook.net/en_US/all.js#xfbml=1”;
fjs.parentNode.insertBefore(js, fjs);
}(document, ‘script’, ‘facebook-jssdk’));



Sumber

Baca Selengkapnya

Populer

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com