Connect with us

News

Pramuwisata Garda Terdepan Pariwisata Harus Mempunyai Citra Budaya Lokal

Pramuwisata Garda Terdepan Pariwisata Harus Mempunyai Citra Budaya Lokal


Minggu, 26 Agustus 2018 – 17:44:25 WIB – 82

Pelatihan peningkatan kapasitas pemandu wisata sumatera barat di hotel pusako

BUKITTINGGI — Arah kebijakan pembangunan kepariwisataan Provinsi Sumatera Barat salah satunya adalah pengembangan sumberdaya pariwisata dengan meningkatkan kapasitas bagi pemangku kepentingan pariwisata lokal, meningkatkan kualitas kepariwisataan termasuk juga mengutamakan pelayanan prima pariwisata.

Demikian disampaikan Plh.Kepala Dinas Pariwasata Provinsi Sumatera Barat, Dr.Didit P Santoso,Msi yang dibacakan Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Atraksi dan Wisata Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat, Drs. Doni Hendra,MM dalam pembukaan acara Peningkatan Kapasaitas Pemandu Wisata, Jumat (24/8/2018) di hotel Pusako, yang diikuti sebanyak 50 orang pemandu wisata se Sumatera Barat. Dan narasumber adalah pemandu wisata Sumatera Barat, Ridwan Tulus, sekertaris HPI Kota Bukittinggi, Ikbal, serta modelator sekertaris dinas pariwisata Kota Bukittinggi, Linda Feroza.

Plh. Kadis Pariwisata Sumbar Didit menjelaskan, seiring kemajuan di bidang kepariwisataan, maka harus diikuti kesiapan daerah khususnya dalam penyediaan tenaga pramuwisata (guide). Mereka itu memberikan bimbingan, petunjuk dan informasi kepada wisatawan yang akan melakukan perjalanan wisata dengan menggali sejarah yang ada di setiap objek wisata di daerah setempat.

Salahsatu upaya Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementerian Pariwisata melalui Deputi Bidang Pengembangan SDM Pariwisata dan Hubungan Antar Lembaga untuk mewujudkan daerah kunjungan wisata yang lebih baik adalah melalui kegiatan Peningkatan Kapasitas Pemandu Wisata yang bertujuan untuk menambah pengetahuan dan memahami arti pentingnya pelayanan prima kepada wisatawan, sehingga wisatawan yang berkunjung ke ranah Minang merasa senang dan nyaman selama berada di destinasi dan kawasan objek wisata, ucap Didit P Santoso.

Ditempat yang sama, Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Atraksi dan Wisata Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat, Doni Hendra mengatakan seorang pemandu wisata atau lebih dikenal sebagai pramuwisata, adalah sebagai garda terdepan dalam pariwisata, harus mengusai tentang sejarah objek wisata dan lainnya yang akan disampaikan kepada pengunjung dan juga mengusai bahasa asing. Mereka ini harus siap membuat pariwisata Sumatera Barat menjadi bagus dan terkesan bagi wisatawan yang nantinya akan mengulang kembali ke daerah wisata setempat, disamping itu pemandu wisata harus dapat mengedepankan citra budaya lokal.

Etika dalam memberikan informasi berlandas pada sapta pesona, ini sangat utama yang harus ada pada pramuwisata, bagaimana mereka menjelaskan tentang objek wisata dengan jelas dan benar, tidak boleh asal jadi saja menyampaikannya, bersikaplah sebagai pramuwisata yang profesional, maka dari itu pada acara ini disampaikan kepada pemandu wisata untuk membuka cakrawala kepariwisataan, ungkap Doni Hendra.

Dipesankan kepada peserta pelatihan, buatlah kenangan tersendiri kepada wisatawan agar wisatawan tersebut terkesan dan juga dapat menghubungi kembali untuk mengulang berwisata, disinilah peran pramuwisata sangat penting bagi pariwisata Sumatera Barat. Secara legiltas yang diakui adalah Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI), untuk Provinsi Sumatera Barat tentu HPI Sumatera Barat, pungkas Doni Hendra. (Iwin SB)

Polling Capres cawapres 2019-2024

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi

Tag: bukittinggi,pariwisata,sumatra-barat

Tiga Pinjaman Online yang Bisa Menjadi Solusi Keuangan Anda dalam 24 Jam

Tiga Pinjaman Online yang Bisa Menjadi Solusi Keuangan Anda dalam 24 Jam

LIFESTYLE – Keperluan dana tambahan untuk berbagai kebutuhan makin meningkat. Hal ini tidak hanya dikarenakan…

Sandiaga Disebut Langgar Komitmen Seperti Jokowi, Begini Tanggapan Santai Anies

Sandiaga Disebut Langgar Komitmen Seperti Jokowi, Begini Tanggapan Santai Anies

POLITIK – Gubernur DKI Anies Baswedan berbicara tentang janjinya mengabdi di Jakarta bersama Sandiaga Uno. Apa jawaban…

Sambut HUT 73 dan HUT Pariaman 16, Pemko Pariaman Gelar Lomba Masak Sate

Sambut HUT 73 dan HUT Pariaman 16, Pemko Pariaman Gelar Lomba Masak Sate

PARIAMAN — Disperindagkop dan UKM Kota Pariaman menggelar Lomba Memasak Sate di Pantai Gandoriah dalam rangkaian…

Kompetisi Cik Uniang Cik Ajo Kota Pariaman Diserbu Pelajar dan Mahasiswa

Kompetisi Cik Uniang Cik Ajo Kota Pariaman Diserbu Pelajar dan Mahasiswa

PARIAMAN – Sebanyak 117 peserta terdiri dari 31 orang laki-laki dan 61 orang perempuan yang berasal dari kalangan…

Jokowi Ajak TNI-Polri Sosialisasi Kinerja, Fadli Zon: Pernyataan Berbahaya, Sangat Politis

Jokowi Ajak TNI-Polri Sosialisasi Kinerja, Fadli Zon: Pernyataan Berbahaya, Sangat Politis

POLITIK – Wakil Ketua DPR dari Fraksi Gerindra Fadli Zon mengkritik Presiden Jokowi yang meminta aparat TNI-Polri…

(function(d, s, id) {
var js, fjs = d.getElementsByTagName(s)[0];
if (d.getElementById(id)) return;
js = d.createElement(s); js.id = id;
js.src = “http://connect.facebook.net/id_ID/sdk.js#xfbml=1&version=v2.8&appId=1208534375853801”;
fjs.parentNode.insertBefore(js, fjs);
}(document, ‘script’, ‘facebook-jssdk’));



Sumber

Daerah

Mobil Dinas TNI AL Terbakar

Mobil Dinas TNI AL Terbakar


Mobil Dinas TNI AL Terbakar

Mobil Dinas TNI AL TerbakarReviewed by Koko Rakasiwion.This Is Article AboutMobil Dinas TNI AL TerbakarPADANG, RedaksiSumbar.com– Sebuah mobil dinas milik TNI-AL terbakar disimpang Jondul, Kecamatan Padang Selatan Kota Padang, Senin 14 Januari 2019 pukul 15.00 wib. Dari pantauan RedaksiSumbar.com dilapangan mobil tersebut diduga mengalami korsleting listrik dibagian mesin sehingga mengakibatkan mobil tersebut mengeluarkan api. Beruntung kejadian tersebut tidak menimbulkan korban nyawa, dan kerugian materil akibat kebakaran tersebut belum diprediksi. […]

PADANG, RedaksiSumbar.com– Sebuah mobil dinas milik TNI-AL terbakar disimpang Jondul, Kecamatan Padang Selatan Kota Padang, Senin 14 Januari 2019 pukul 15.00 wib.

Dari pantauan RedaksiSumbar.com dilapangan mobil tersebut diduga mengalami korsleting listrik dibagian mesin sehingga mengakibatkan mobil tersebut mengeluarkan api.

Beruntung kejadian tersebut tidak menimbulkan korban nyawa, dan kerugian materil akibat kebakaran tersebut belum diprediksi.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Padang Hendrizal Azhar mengatakan ” kita menerjunkan dua unit Armada untuk menjinakan api yang hampir membakar keseluruhan mobil dinas milik TNI AL tersebut, beruntung api dengan cepat bisa dijinakan”tutupnya.

Dua armada diturunkan untuk menjinakan sijago merah.

[Tim Liputan]

http://connect.facebook.net/en_US/all.js#xfbml=1(function(d, s, id) {
var js, fjs = d.getElementsByTagName(s)[0];
if (d.getElementById(id)) {return;}
js = d.createElement(s); js.id = id;
js.src = “http://connect.facebook.net/en_US/all.js#xfbml=1”;
fjs.parentNode.insertBefore(js, fjs);
}(document, ‘script’, ‘facebook-jssdk’));



Sumber

Baca Selengkapnya

Daerah

TNI – Polri Lakukan Penanaman Pohon di Pasaman Barat

TNI – Polri Lakukan Penanaman Pohon di Pasaman Barat


TNI – Polri Lakukan Penanaman Pohon di Pasaman BaratReviewed by Koko Rakasiwion.This Is Article AboutTNI – Polri Lakukan Penanaman Pohon di Pasaman BaratPASAMAN BARAT, RedaksiSumbar.com – Sebagai upaya peningkatan sinergitas antara TNI dan Polri di Kabupaten Pasaman Barat, secara bersama melakukan penanaman pohon di areal kantor Polsek Pasaman, Jumat (11/1/2019). Adapun kerjasama itu dilakukan oleh Koramil 02/Simpang Empat Kodim 0305/Pasaman bersama jajaran Polsek Pasaman, Polres Pasaman Barat. Menurut Danramil 02/Simpang Empat, Kapten Lilik Surianto kegiatan penanaman pohon, […]

PASAMAN BARAT, RedaksiSumbar.com – Sebagai upaya peningkatan sinergitas antara TNI dan Polri di Kabupaten Pasaman Barat, secara bersama melakukan penanaman pohon di areal kantor Polsek Pasaman, Jumat (11/1/2019).

Adapun kerjasama itu dilakukan oleh Koramil 02/Simpang Empat Kodim 0305/Pasaman bersama jajaran Polsek Pasaman, Polres Pasaman Barat.

Menurut Danramil 02/Simpang Empat, Kapten Lilik Surianto kegiatan penanaman pohon, selain untuk proses penghijauan, kegiatan itu juga memperlihatkan bagaimana sinergitas pihak TNI dan Polri terutama di wilayah kerja Kabupaten Pasaman Barat.

“Kegiatan yang dilaksanakan itu menunjukkan keakraban personil TNI-Polri dilapangan,” ujarnya.

Dijelaskannya, kegiatan penanaman pohon ini adalah tindak lanjut dalam mendukung kegiatan Kodim 0305/Pasaman yang pernah dilaksanakan di wilayah Pasaman Barat beberapa waktu sebelumnya.

Adapun manfaat atas kegiatan ini kata Danramil, daerah yang terancam gersang serta tandus akan menjadi tempat yang indah apalagi di lokasi Polsek Pasaman yang masih terbilang baru dan akan menjadi tempat yang sering dikunjungi masyarakat dalam segi hal pelayanan.

“Terimakasih atas kerjasama Polsek Pasaman beserta jajarannya dalam mendukung penuh kegiatan ini. Sinergitas ini diharapkan akan menjadi momentum kita untuk selalu kompak di lapangan menghadapi seluruh tantangan dalam menjaga keutuhan NKRI,” harapnya.

Ditambahkan, Kapolsek Pasaman, AKP. Dedy Ardiansyah Putra mengatakan rasa syukur dan terimakasih kepada pihak TNI yang menjadikan lokasi Polsek Pasaman sebagai tempat penanaman pohon dalam rangka penghijauan kali ini.

“Polsek Pasaman ini baru selesai dibangun dan akan diresmikan dalam beberapa waktu kedepannya,” katanya.

Dikatakannya, dengan penghijauan itu maka beberapa tahun ke depan akan membuat kantor Polsek indah dan nyaman.

“Terimakasih atas komunikasi dan hubungan baik yang terjalin selama ini antara pihak Koramil Simpang Empat dengan pihak Polsek Pasaman dalam menjaga keamanan dan ketertiban wilayah kita,” ujarnya. (Bisri Batubara)

http://connect.facebook.net/en_US/all.js#xfbml=1(function(d, s, id) {
var js, fjs = d.getElementsByTagName(s)[0];
if (d.getElementById(id)) {return;}
js = d.createElement(s); js.id = id;
js.src = “http://connect.facebook.net/en_US/all.js#xfbml=1”;
fjs.parentNode.insertBefore(js, fjs);
}(document, ‘script’, ‘facebook-jssdk’));



Sumber

Baca Selengkapnya

Daerah

Auto Reload Dikupak Maling, Pemilik Menderita Kerugian 60.000.000

Auto Reload Dikupak Maling, Pemilik Menderita Kerugian 60.000.000


Auto Reload Dikupak Maling, Pemilik Menderita Kerugian 60.000.000

Auto Reload Dikupak Maling, Pemilik Menderita Kerugian 60.000.000Reviewed by Koko Rakasiwion.This Is Article AboutAuto Reload Dikupak Maling, Pemilik Menderita Kerugian 60.000.000PADANG, RedaksiSumbar.com– Auto Reolad ponsel, yang berada di Jalan Ujung Gurun, Kecamatan Padang Barat dibobol maling. Seluruh Handphone yang berada dalam counter habis dibawa oleh maling tersebut, kerugian ditafsir kurang lebih sebanyak Rp.60.000.000 (Enam Pulub Juta Rupiah). Aksi pembobolan tersebut diketahui pertama kali oleh Kepala Toko yang hendak membukak toko pada hari, Selasa 14 Januari […]

PADANG, RedaksiSumbar.com– Auto Reolad ponsel, yang berada di Jalan Ujung Gurun, Kecamatan Padang Barat dibobol maling.
Seluruh Handphone yang berada dalam counter habis dibawa oleh maling tersebut, kerugian ditafsir kurang lebih sebanyak Rp.60.000.000 (Enam Pulub Juta Rupiah).

Aksi pembobolan tersebut diketahui pertama kali oleh Kepala Toko yang hendak membukak toko pada hari, Selasa 14 Januari 2019 pukul 08.00 wib

Neli karyawan yang bertugas membuka toko tersebut kaget saat menemukan kondisi pintu toko sudah terbuka dan kaca etalse pecah handphone yang ada pun lenyap.Karyawan toko langsung melaporkan kejadian kepada pemilik Auto Reolad, Hariadi SP.

“disaat mengetahui kejadian tersebut saya langsung mendatangi toko saya, maling tersebut masuk dengan merusak pintu bagian depan toko serta merusak etalase tempat handphone dipajang, tidak hanya itu, maling tersebut juga membawa mesin Dekorder CCTV”ungkap Hariadi.

Pemilik toko pun langsung mendatang Polsek Padang Barat guna melaporkan hal tersebut, selang beberapa lama pihak kepolisian mendatangi TKP guna penyelidikan.

“Saya berharap pihak Kepolisian mengusut tuntas dengan cepat kejadian yang menimpa saya tersebut”tutup Hadi.

[Tim Liputan]

http://connect.facebook.net/en_US/all.js#xfbml=1(function(d, s, id) {
var js, fjs = d.getElementsByTagName(s)[0];
if (d.getElementById(id)) {return;}
js = d.createElement(s); js.id = id;
js.src = “http://connect.facebook.net/en_US/all.js#xfbml=1”;
fjs.parentNode.insertBefore(js, fjs);
}(document, ‘script’, ‘facebook-jssdk’));



Sumber

Baca Selengkapnya

Populer

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com