Connect with us

Airbangis

Pokdakan Suak Bungo Tanjung Bakal Jadi Percontohan

Pokdakan Suak Bungo Tanjung Bakal Jadi Percontohan


Pokdakan Suak Bungo Tanjung Bakal Jadi PercontohanReviewed by Bisri Batubaraon.This Is Article AboutPokdakan Suak Bungo Tanjung Bakal Jadi PercontohanPASAMAN BARAT, RedaksiSumbar.com – Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Pasaman Barat, Arial Efendi. SH mengajak masyarakat bergelut pada bisnis perikanan budi daya seperti yang dikembangkan pengusaha tambak udang vaname di Air Bangis, Kabupaten Pasaman Barat. “Usaha seperti ini dapat menguntungkan bagi pengusaha, bahkan bagi petani tambak bila membuka usaha tambak udang vaname ini,” kata Arial Efendi, […]

PASAMAN BARAT, RedaksiSumbar.com – Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Pasaman Barat, Arial Efendi. SH mengajak masyarakat bergelut pada bisnis perikanan budi daya seperti yang dikembangkan pengusaha tambak udang vaname di Air Bangis, Kabupaten Pasaman Barat.

“Usaha seperti ini dapat menguntungkan bagi pengusaha, bahkan bagi petani tambak bila membuka usaha tambak udang vaname ini,” kata Arial Efendi, Minggu (23/9/2018).

Di sela meninjau usaha kolam tambak udang vaname Kelompok Budi Daya Ikan (Pokdakan) di Pasa Pokan, Nagari Air Bangis, Kecamatan Sungai Beremas, Kabupaten Pasaman Barat, Arial Efendi menjelaskan bahwa, wilayah setempat memiliki potensi cukup besar untuk pengembangan usaha perikanan budi daya komoditas udang vaname.

“Selain kecocokan lingkungan, daerah setempat juga memiliki sumber air yang bagus sebagai pendukung dalam menjalankan usaha itu, karena syarat utama pengembangan usaha ini tidak terlepas dari lingkungan alam sekitar,” diterangkan Arial Efendi.

Arial Efendi lebih menjelaskan, mengelola usaha tambak udang perlu beragam pendukung alam, seperti memiliki sumber air yang bersih, lingkungan yang bagus.

Nagari Air Bangis memiliki kriteria itu, namun sejauh ini diketahui belum sepenuhnya berkembang. Buktinya baru satu Pokdakan dengan Lima kolam yang sudah ada.

“Di Pasaman Barat, usaha ini baru ditekuni Pokdakan Suak Bungo Tanjung di Nagari Air Bangis, belum pernah panen. Semoga, nantinya bisa memghasilkan dan menjadi percontohan bagi masyarakat atau Pokdakan lain di Kabupaten Pasaman Barat ini,” katanya juga.

Diungkapkan Arial, bahwa budi daya udang vaname di Kabupaten Pasaman Barat seperti di Air Bangis dan Nagari Sasak mulai ada. Karena itu, dia berharap akan ada pengusaha lain yang menyusul membangun usaha serupa di Pasaman Barat ini.

“Benih sebanyak 321.875 ekor, Pakan 9.375 Kg, Terpal 5 Unit, Kincir 5 Kg dan Obat-obatan 5 unit sudah diserahkan bantuan melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Sumatera Barat kepada Pokdakan Suak Bungo Tanjung, beberapa hari lalu,” ujar Arial.

Dalam hal perawatan, menurut Arial tidak begitu sulit, hanya butuh keseriusan untuk melakukan pemantauan secara rutin, memberikan pakan, dan mengecek kestabilan plakton yang mesti dilakukan secara teknis.

“Kami siap memberikan dampingan kepada pengusaha atau pun masyarakat petani yang mengembangkan udang vaname. Walaupun perawatannya tidak begitu sulit, namun tetap saja penanganan udang vaname diperlakukan secara khusus,” ujar Arial.

Ahdiyarsyah, salah seorang pengurus Pokdakan Suak Bungo Tanjung menyatakan dirinya sudah beberapa kali memgikuti pelatihan dan study tentang budi daya Udang Vaname di Medan, Provinsi Sumatera Utara.

“Dari hasil pelatihan dan study tersebutlah, saya dan kawan-kawan mendirikan Pokdakan Suak Bungo Tanjung untuk budi daya Udang Vaname. Karena, dari hasil pelatihan dan study tersebut usaha tambak Udang Vaname itu sangat memuaskan dan udang vaname merupakan komoditas kualitas ekspor,” terangnya.

Apabila usaha ini berhasil kata Ahdiyarsyah, maka kami akan lebih kembangkan lagi dari Lima kolam yang ada. Apalagi, areal untuk tambak masih ada dan masih luas.

“Kebutuhan Udang Vaname ini tergolong tinggi di luar negeri, seperti ke Uni Eropa dan Amerika,” tukasnya. (Red)

Topik: , , , ,

http://connect.facebook.net/en_US/all.js#xfbml=1(function(d, s, id) {
var js, fjs = d.getElementsByTagName(s)[0];
if (d.getElementById(id)) {return;}
js = d.createElement(s); js.id = id;
js.src = “http://connect.facebook.net/en_US/all.js#xfbml=1”;
fjs.parentNode.insertBefore(js, fjs);
}(document, ‘script’, ‘facebook-jssdk’));



Sumber

Baca Selengkapnya
Click to comment

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Airbangis

PT. BTN Peduli Serahkan Bantuan Di Nagari Air Bangis

PT. BTN Peduli Serahkan Bantuan Di Nagari Air Bangis


PT. BTN Peduli Serahkan Bantuan Di Nagari Air BangisReviewed by Bisri Batubaraon.This Is Article AboutPT. BTN Peduli Serahkan Bantuan Di Nagari Air BangisPASAMAN BARAT, RedaksiSumbar.com – Sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama, PT. Bintara Tani Nusantara (BTN) serahkan bantuan kepada masyarakat Bunga Tanjung, Nagari Air Bangis, Kecamatan Sungai Beremas, Kabupaten Pasaman Barat yang terkena bencana banjir, Kamis (25/10/2018). Adapun bantuan yang diserahkan oleh PT. BTN Peduli berupa beras, minyak makan dan lainnya secara langsung diberikan kepada masyarakat. SEM […]

PASAMAN BARAT, RedaksiSumbar.com – Sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama, PT. Bintara Tani Nusantara (BTN) serahkan bantuan kepada masyarakat Bunga Tanjung, Nagari Air Bangis, Kecamatan Sungai Beremas, Kabupaten Pasaman Barat yang terkena bencana banjir, Kamis (25/10/2018).

Adapun bantuan yang diserahkan oleh PT. BTN Peduli berupa beras, minyak makan dan lainnya secara langsung diberikan kepada masyarakat.

SEM PT. BTN, Arifin Siagian didampingi Staf CSR PT. BTN Wawan Guswandi dalam mengantarkan bantuan diterima langsung masyarakat beserta unsur Pemerintahan Kecamatan Sungai Beremas.

Diharapkan dengan adanya bantuan ini dapat meringankan beban yang saat ini dipikul masyarakat korban banjir.

“Hari ini kita menyalurkan bantuan bagi masyarakat korban banjir di Bunga Tanjung, Nagari Air Bangis, Kecamatan Sungai Beremas,” ungkap A. Siagian.

A. Siagian menjelaskan, bantuan yang disalurkan tersebut sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama yang saat ini dilanda musibah banjir. Bantuan yang diberikan hendaknya dapat bermanfaat bagi masyarakat serta juga dapat meringankan beban yang dipikul saat ini.

“Kita juga berharap dan berdoa agar banjir yang melanda wilayah Air Bangis cepat surut dan tidak terjadi lagi. Sehingga aktifitas masyarakat dapat pulih kembali sebagaimana sebelumnya,” harap A. Siagian. (Red)

Topik: , ,

http://connect.facebook.net/en_US/all.js#xfbml=1(function(d, s, id) {
var js, fjs = d.getElementsByTagName(s)[0];
if (d.getElementById(id)) {return;}
js = d.createElement(s); js.id = id;
js.src = “http://connect.facebook.net/en_US/all.js#xfbml=1”;
fjs.parentNode.insertBefore(js, fjs);
}(document, ‘script’, ‘facebook-jssdk’));



Sumber

Baca Selengkapnya

Airbangis

Pokdakan Suak Bungo Tanjung Terima Bantuan Benih Udang Vaname Dari DKP Sumbar

Pokdakan Suak Bungo Tanjung Terima Bantuan Benih Udang Vaname Dari DKP Sumbar


Pokdakan Suak Bungo Tanjung Terima Bantuan Benih Udang Vaname Dari DKP SumbarReviewed by Bisri Batubaraon.This Is Article AboutPokdakan Suak Bungo Tanjung Terima Bantuan Benih Udang Vaname Dari DKP SumbarPASAMAN BARAT, RedaksiSumbar.com – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Sumatera Barat memberikan bantuan Benih, Pakan, Peralatan dan Obat-obatan kepada Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) di Kabupaten Pasaman Barat, Selasa (18/9/2018). Bantuan bibit Udang Vaname tersebut diberikan dalam rangka upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat pembudidaya. Penyerahan bantuan dilakukan di lokasi Tambak Udang Vaname Pokdakan Suak Bungo Tanjung […]

PASAMAN BARAT, RedaksiSumbar.com – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Sumatera Barat memberikan bantuan Benih, Pakan, Peralatan dan Obat-obatan kepada Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) di Kabupaten Pasaman Barat, Selasa (18/9/2018). Bantuan bibit Udang Vaname tersebut diberikan dalam rangka upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat pembudidaya.

Penyerahan bantuan dilakukan di lokasi Tambak Udang Vaname Pokdakan Suak Bungo Tanjung di Nagari Air Bangis, Kecamatan Sungai Beremas, Kabupaten Pasaman Barat. Dalam penyerahan itu, turut dihadiri oleh DKP Provinsi Sumbar, Kepala Dinas Perukanan Pasaman Barat Sahrial, Camat Sungai Beremas Yulhamnas, POS AL Air Bangis, Pemerintahan Nagari Air Bangis, Tokoh Masyarakat dan Anggota Pokdakan.

Poto bersama saat pwnyerahan benih udang vaname terhadap Pokdakan Suak Bungo Tanjung, Air Bangis. (istimewa)

Bantuan tersebut diserahkan langsung ke pengurus Pokdakan untuk ditebar di lokasi tambak Udang Vaname yang sudah disiapkan oleh Pokdakan.

Kepala DKP Provinsi Sumatera Barat, Ir. Yosmeri, melalui Kepala Seksi (Kasi) Budi Daya, Nanang Muldiansyah. SP, memgatakan, agar dengan bantuan ini Pokdakan bisa berhasil dan menjadi contoh di Kabupaten Pasaman Barat.

“Pokdakan ini harus berhasil, agar kesejahteraan keanggotaan lebih maju dan sukses. Kuncinya, jalin kerja sama yang baik sesama pengurus dan anggota Pokdakan,” pintanya.

Ditambahkan Kepala Dinas Perikanan Pasaman Barat, Arial Efendi. SH merincikan bantuan untuk Pokdakan Suak Bunga Tanjung berupa Benih sebanyak 321.875 ekor, Pakan 9.375 Kg, Terpal 5 Unit, Kincir 5 Kg dan Obat-obatan 5 unit.

“Semua bantuan itu sudah diserahkan langsung oleh DKP Provinsi Sumatera Barat kepada Pokdakan Suak Bungo Tanjung. Semoga, bantuan ini bermanfaat dan berhasil menjadi yang terbaik. Sehingga, bisa menjadi contoh di Kabupaten Pasaman Barat,” ujarnya.

Dikatakannya juga, kita akan terus melakukan pembinaan terhadap Pokdakan di seluruh Pasaman Barat, bukan saja di Air Bangis ini. Karena, masih banyak lokasi yang sangat cocok di Wilayah Pantai yang bisa dijadikan areal tambak.

“Semoga dengan bantuan ini, Pokdakan berhasil dan menjadi contoh diwilayah Pasaman Barat ini. Apalagi, diwilayah pantai sangat cocok dengan budi daya Udang Vaname,” ungkapnya. (Red)

Topik: , , , , ,

http://connect.facebook.net/en_US/all.js#xfbml=1(function(d, s, id) {
var js, fjs = d.getElementsByTagName(s)[0];
if (d.getElementById(id)) {return;}
js = d.createElement(s); js.id = id;
js.src = “http://connect.facebook.net/en_US/all.js#xfbml=1”;
fjs.parentNode.insertBefore(js, fjs);
}(document, ‘script’, ‘facebook-jssdk’));



Sumber

Baca Selengkapnya

Airbangis

Pokdakan Suak Bungo Tanjung Didukung Pemkab Pasbar Dalam Budidaya Tambak Udang Vaname

Pokdakan Suak Bungo Tanjung Didukung Pemkab Pasbar Dalam Budidaya Tambak Udang Vaname


Pokdakan Suak Bungo Tanjung Didukung Pemkab Pasbar Dalam Budidaya Tambak Udang VanameReviewed by Bisri Batubaraon.This Is Article AboutPokdakan Suak Bungo Tanjung Didukung Pemkab Pasbar Dalam Budidaya Tambak Udang VanamePASAMAN BARAT, RedaksiSumbar.com – Dalam mendukung percepatan pembangunan, berbagai upaya terus dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat melalui Dinas Perikanan Pasaman Barat. Antara lain melakukan sinergi dengan Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) yang ada di Nagari Air Bangis dalam pengembangan usaha tambak udang. Karena, usaha tambak udang Vaname sangat prospektif dikembangkan di kawasan Air Bangis yang […]

PASAMAN BARAT, RedaksiSumbar.com – Dalam mendukung percepatan pembangunan, berbagai upaya terus dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat melalui Dinas Perikanan Pasaman Barat. Antara lain melakukan sinergi dengan Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) yang ada di Nagari Air Bangis dalam pengembangan usaha tambak udang.

Karena, usaha tambak udang Vaname sangat prospektif dikembangkan di kawasan Air Bangis yang dikenal sebagai daerah pesisir ini.

Jalinan sinergisitas itu setidaknya terlihat saat Kepala Dinas Perikanan Pasaman Barat, Arial Efendi dan Pengurus Pokdakan Suak Bungo Tanjung saat berkunjung ke areal kolam tambak udang Vaname mereka di Pasa Pokan, Nagari Air Bangis, Kecamatan Sungai Beremas, Kabupaten Pasaman Barat belum lama ini.

“Saya sangat mendukung dengan langkah yang dibuat oleh Pokdakan ini. Karena, apabila tangkap ikan susah dilaut, masih ada usaha lainnya. Apalagi usaha tambak udang mampu bertahan lama dan sangat prospektif untuk dikembangkan,” papar Arial Efendi saat dikunjungi media di ruang kerjanya belum lama ini.

Arial Efendi juga menyatakan sangat mendukung upaya Pokdakan Suak Bungo Tanjung untuk menghidupkan usaha tambak udang Vaname ini. Jelas kita sangat mendukung upaya Pokdakan yang mendorong pengembangan usaha tambak udang Vaname.

“Di Nagari Air Bangis sendiri lahan untuk tambak udang sangat tersedia luas seperti di kawasan lainnya di wilayah Pigogah, Peti Bubur. Kawasan untuk membudidayakan Tambak Udang Vaname ini sudah tersedia, tinggal mencari investor yang mau berinvestasi di Pasaman Barat,” jelasnya.

Sekarang kata Arial Efendi, areal tambak udang Vaname yang dikelola oleh Pokdakan itu sebanyak 5 kolam. Itu sudah 95 % siap, tinggal pemasangan terpal plastik lalu memasukkan air dan baru menunggu Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Sumatera Barat untuk memastikan kolam tersebut sudah ok atau belum.

“Kolam itu sudah Ok, namun pihak Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Sumatera Barat adalah sebagai pemberi bantuan bibit nantinya, tentu mereka akan cek dulu kelayakan daripada kolam tersebut,” terangnya.

Lebih jauh Arial Efendi menyatakan, ada beberapa faktor penting dalam pengembangan tambak udang Vaname ini. Antara lain prospek pasarnya sangat menjanjikan karena restoran dan hotel-hotel perlu udang segar. Juga untuk ekspor ke luar negeri, karena permintaan cukup tinggi. Kemudian adanya dukungan pemerintah daerah, masyarakat, dan pengusahanya sendiri serta alih teknologi pengelolaan yang relatif mudah.

Sehingga ke depan nanti kata Arial Efendi, Pemkab Pasbar akan segera melakukan berbagai upaya terobosan dalam mendukung usaha tambak udang ini, termasuk dalam hal regulasi dengan memberikan kemudahan perizinan bagi para pengusaha.”Ini semua sangat menjanjikan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” tutupnya.

Arial Efendi juga mengharapkan Pasaman Barat khususnya Nagari Air Bangis agar mendukung kegiatan Tambak Udang Vaname ini. “Bagi yang punya modal, alangkah baiknya budidaya udang Vaname ini dikembangkan di Air Bangis secara mandiri atau kelompok,” harapnya. (Red)

Topik: , ,

http://connect.facebook.net/en_US/all.js#xfbml=1(function(d, s, id) {
var js, fjs = d.getElementsByTagName(s)[0];
if (d.getElementById(id)) {return;}
js = d.createElement(s); js.id = id;
js.src = “http://connect.facebook.net/en_US/all.js#xfbml=1”;
fjs.parentNode.insertBefore(js, fjs);
}(document, ‘script’, ‘facebook-jssdk’));



Sumber

Baca Selengkapnya

Populer

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com