Connect with us

Daerah

LSM Balad Adhyaksa: Modus Oknum Dugaan Penyelewengan Dana Desa

LSM Balad Adhyaksa: Modus Oknum Dugaan Penyelewengan Dana Desa


LSM Balad Adhyaksa: Modus Oknum Dugaan Penyelewengan Dana DesaReviewed by Iskandar Rahmanon.This Is Article AboutLSM Balad Adhyaksa: Modus Oknum Dugaan Penyelewengan Dana DesaNasional,Redaksisumbar.com – Banyak terjadi dilapangan dalam pengerjaan kegiatan dana desa tidak melibatkan masyarakat setempat serta plank kegiatannya tidak dipasang, mari kita mengenal modus modus yang ada tersebut : A. Tidak memasang plank kegiatan proyek, sudah dapat dipastikan bahwa hal tersebut melanggar aturan tapi tidak ada sangsi yang tegas, contoh: bahwa kalau tidak pasang plank bisa […]

Nasional,Redaksisumbar.com – Banyak terjadi dilapangan dalam pengerjaan kegiatan dana desa tidak melibatkan masyarakat setempat serta plank kegiatannya tidak dipasang, mari kita mengenal modus modus yang ada tersebut :

A. Tidak memasang plank kegiatan proyek, sudah dapat dipastikan bahwa hal tersebut melanggar aturan tapi tidak ada sangsi yang tegas, contoh: bahwa kalau tidak pasang plank bisa dihukum.

Kenapa tidak pasang plank kegiatan? ada beberapa dugaan yang telah kami petakan antara lain sebagai berikut :

1. Ada dugaan mengkaburkan atau membuat dengan sengaja kondisi proyek agar tidak diketahui anggarannya oleh masyarakat, mengapa? karena bukan hanya Dana Desa saja yang turun anggarannya ke desa, ada dana aspirasi Anggota DPRD, bantuan dari Kabupaten juga Propinsi.

Bila tidak ada plank kegiatan apakah masyarakat tahu itu dana desa, dana aspirasi atau dana bantuan dari kabupaten dan propinsi?

menurut kami hal tersebut rawan dugaan penyimpangan dan korupsi mengapa?

1. Bisa saja yg dikerjakan itu berasal dari anggaran dana bantuan propinsi lalu di buat laporan pertanggung jawaban (LPJ) nya sebagai Anggaran Dana Desa artinya ada anggaran yang tidak dipakai/fiktif, demikian pula sebaliknya.

2. Tidak diketahui tahun pengerjaannya, bisa jadi dikerjakan tahun ini dipakai LPJ untuk tahun berikutnya baik itu untuk dana bantuan kabupaten, propinsi atau dana desa.

3. Tidak diketahui volume perkerjaan tentunya sangat rawan sekali penyimpangan.

Untuk itu kami menghimbau para Kepala Desa (Kades) untuk taat aturan agar tidak jadi fitnah jadi lebih baik terbuka dan transparan kepada masyarakat, pasanglah baliho dan plank kegiatan pengerjaan proyek didesa.

B. Masyarakat setempat tidak diberdayakan oleh para oknum Kades dalam pengerjaan kegiatan proyek-proyek malah ambil tenaga dari luar desa.

Hal tersebut menjadi tanda tanya kenapa masyarakat setempat tidak diberdayakan malah ambil masyarakat dari luar desa, tentunya kami menduga ada kerawanan disana antaranya sebagai berikut:
1. ada dugaan penggelembungan/ mark up upah kerja.
2. ada dugaan penggelembungan/ mark up hari kerja
3. ada dugaan penggelembungan/ mark up belanja material

Dugaan kami tersebut berasal dari sample yang ada dan terjadi dilapangan dan wawancara, tentunya masyarakat setempat akan tahu dan akhirnya bakal jadi masalah tentunya, untuk itu mereka ambil dari luar desa.

Sekali lagi terbuka dan transparan lebih indah dan menyejukan, itulah hakikat ibadah daripada harus terus membodohi masyarakat dan menutup-nutupi jejak dari kebohongan.

Semoga bermanfaat untuk perbaikan masyarakat di pedesaan sesuai petunjuk dan program presiden agar masyarakat di desa sejahtera dalam membangun dari desa.

[Red]

http://connect.facebook.net/en_US/all.js#xfbml=1(function(d, s, id) {
var js, fjs = d.getElementsByTagName(s)[0];
if (d.getElementById(id)) {return;}
js = d.createElement(s); js.id = id;
js.src = “http://connect.facebook.net/en_US/all.js#xfbml=1”;
fjs.parentNode.insertBefore(js, fjs);
}(document, ‘script’, ‘facebook-jssdk’));



Sumber

Baca Selengkapnya
Click to comment

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

AGAM

Surat yang disampaikan Ketum GPPKP Kepada Presiden RI, Ternyata Mangkus!

Surat yang disampaikan Ketum GPPKP Kepada Presiden RI, Ternyata Mangkus!


Surat yang disampaikan Ketum GPPKP Kepada Presiden RI, Ternyata Mangkus!Reviewed by Iskandar Rahmanon.This Is Article AboutSurat yang disampaikan Ketum GPPKP Kepada Presiden RI, Ternyata Mangkus!AGAM, Redaksisumbar.com – Pembangunan jalan raya utama kecamatan Palembayan sepanjang 52 Km lebih dipercepat tahun 2019 mendatang dengan menambahan kucuran Dana Perimbangan Pusat dan APBD Provinsi Sumbar. Utuk melihat dari dekat kondisi jalan Pelembayan, Bupati Agam Indra Catri, membawa langsung beberapa orang pejabat jajaran kementerian ke lokasi Senin(17/12/2018), diantaranya dari Kementerian PUPR, Kemenko Maritim, Kementerian […]

AGAM, Redaksisumbar.com – Pembangunan jalan raya utama kecamatan Palembayan sepanjang 52 Km lebih dipercepat tahun 2019 mendatang dengan menambahan kucuran Dana Perimbangan Pusat dan APBD Provinsi Sumbar.

Utuk melihat dari dekat kondisi jalan Pelembayan, Bupati Agam Indra Catri, membawa langsung beberapa orang pejabat jajaran kementerian ke lokasi Senin(17/12/2018), diantaranya dari Kementerian PUPR, Kemenko Maritim, Kementerian SDM, Kementerian Perhubungan dan Dinas PUTR Sumbar, didampingi Dinas PU Agam, Kadishub.Agam dan beberapa OPD Pemkab.

“Rencananya tahun 2019, melalui Dana Perimbangan Pusat dan APBD Provinsi Sumbar, kita akan mendapatkan tambahan kucuran dana untuk pelebaran jalan di Palembayan,” Ujar Bupati Agam DR. Indra Catri saat melakukan kunjungan.

Ada tiga titik percepatan jalan yang sedang dan akan dibangun di Kecamatan Palembayan, yaitu jalan Padang Koto Gadang- Palembayan, Matur- Palembayan dan Palembayan-Simpang Patai.

Namun prioritas kita tahun ini adalah untuk meretas tebing-tebing yang ada di areal ruas jalan, terutama yang rawan longsor.

Dari tiga ruas jalan tersebut alokasi anggaranya, Padang Koto Gadang-Palembayan dana APBD provinsi Rp6,891 Miliar dengan panjang jalan 2,50 kilometer, dari dana Perimbangan/APBN Rp. 25,675 Miliar untuk 8,3 Km.

Untuk ruas jalan Matur-Palembayan direncanakan pada tahun 2019 akan dialokasikan kembali dana APBD provinsi sebesar Rp. 4,9 miliar, untuk panjang jalan 1,127 kilometer, ditambah dana perimbangan pusat sebesar Rp.23,3 miliar untuk 7,5 kilometer.

Ruas jalan Palembayan – Simpang Patai tahun 2018, sudah dianggarkan dana sebesar Rp. 3,193 milar dengan panjang jalan 750 meter.Tahun 2019 APBD akan menambah alokasi dana sebesar Rp. 5,075 miliar, dengan panjang jalan 1,50 kilometer, ditambah dengan dana perimbangan sebesar Rp.24,9 miliar, sepanjang 8 kilometer.

Sementara itu Kepala Dinas PUTR Sumbar Fathol Bahri, menyebutkan, kedatangan tim pusat ke Kabupaten Agam dalam rangka peninjauan untuk menyikapi program percepatan infrastruktur jalan yang diusulkan oleh Pemerintah Kabupaten Agam untuk tahun anggaran 2019.

“Kita melihat Palembayan sangat kurang sektor perhubungannya, sementara dari sisi lokasi justru sangat strategis, karena berada di areal penghubung antar kabupaten dan bisa masuk ke jalan Nasional,” Ujar Fathol.

Organisasi Gerakan Pemuda Peduli Kecamatan Palembayan (GPPKP)

Ketua Pemuda Gerakan Pemuda Peduli Kecamatan Palembayan (GPPKP) ,Rusman Hakim mengatakan, Jalan raya Palembayan sejak ditingkatkan statusnya dari jalan kabupaten ke jalan provinsi, mulai empat tahun lalu dibangun setiap tahun menggunakan dana APBD Sumbar dengan sistem multi year, namun dana itu minim dibanding kondisi dan panjang jalan, dana itu hanya mampu memuluskan jalan setiap tahun sekitar 3 km, sehingga sampai saat ini masih banyak kondisi jalan yang rusak.

“Kalau hanya dibangun 3 km pertahun, pembangunanya akan selesai sekitar 20 tahun mendatang, oleh karena itu masyarakat sangat mengaperesiasi upaya percepatan pembangunanya oleh pemerintah pusat maupun daerah,” Kata Rusman Hakim.

Sebelumnya, GPPKP juga pernah mengajukan usul percepatan jalan tersebut dengan memberikan surat surat kepada Jokowi melalui Menteri PUPR beberapa waktu lalu, pada kesempatan presiden berkunjung ke Sumbar sekaligus menghadiri puncak hari pers nasional (HPN) pada (8/02/2018) yang lalu.

[Red/Tim]

Topik:

http://connect.facebook.net/en_US/all.js#xfbml=1(function(d, s, id) {
var js, fjs = d.getElementsByTagName(s)[0];
if (d.getElementById(id)) {return;}
js = d.createElement(s); js.id = id;
js.src = “http://connect.facebook.net/en_US/all.js#xfbml=1”;
fjs.parentNode.insertBefore(js, fjs);
}(document, ‘script’, ‘facebook-jssdk’));



Sumber

Baca Selengkapnya

Daerah

Bus Family Raya Dihantam Longsor

Bus Family Raya Dihantam Longsor


Bus Family Raya Dihantam Longsor

Bus Family Raya Dihantam LongsorReviewed by Koko Rakasiwion.This Is Article AboutBus Family Raya Dihantam LongsorPADANG, RedaksiSumbar.com– 1 Bus Family Raya serta 1 unit Avanza dan 1 unit truk tertimbun longsor yang terjadi di Panorama II jalan lintas Padang Solok, Sumatera Barat, dini hari. Pantauan RedaksiSumbar di lokasi kejadian menyaksikan gundukan tanah yang menutupi badan jalan dan juga melihat Bus Family Raya berada dibibir jurang dengan posisi rebah setelah dihantam […]

PADANG, RedaksiSumbar.com– 1 Bus Family Raya serta 1 unit Avanza dan 1 unit truk tertimbun longsor yang terjadi di Panorama II jalan lintas Padang Solok, Sumatera Barat, dini hari.

Pantauan RedaksiSumbar di lokasi kejadian menyaksikan gundukan tanah yang menutupi badan jalan dan juga melihat Bus Family Raya berada dibibir jurang dengan posisi rebah setelah dihantam material longsor.

“Temi”, Ketua Relawan Ranah Minang yang berada dilokasi mengatakan, “tadi kita mendapatkan informasi kejadian tersebut terjadi sekitar pukul 23.30 wib, pada hari Kamis 13 Desember 2018. saat ini evakuasi sedang berlangsung dan korban sudah dilarikan ke rumah sakit”terangnya.

“Tadi kita mendapatkan informasi pada pukul 23.30 WIB. Kita lansung cek ke lokasi ternyata benar, longsor terjadi di Panorama II, Jalan Padang – Solok. Sejumlah mobil tampak tertimbun longsor, kita lansung tindak lanjuti,” ujar Temi.

Akibat kejadian tersebut arus lalu lintas dari Padang menuju Solok dan sebaliknya pun lumpuh total tidak bisa dilalui, saat ini menunggu alat berat untuk mengevakuasi mobil yang tertimbun.

[Tim Liputan]

http://connect.facebook.net/en_US/all.js#xfbml=1(function(d, s, id) {
var js, fjs = d.getElementsByTagName(s)[0];
if (d.getElementById(id)) {return;}
js = d.createElement(s); js.id = id;
js.src = “http://connect.facebook.net/en_US/all.js#xfbml=1”;
fjs.parentNode.insertBefore(js, fjs);
}(document, ‘script’, ‘facebook-jssdk’));



Sumber

Baca Selengkapnya

BISNIS

KPHI Award 2018 Tetapkan Embarkasi Haji Padang Terbaik Nasional Bidang Transportasi

KPHI Award 2018 Tetapkan Embarkasi Haji Padang Terbaik Nasional Bidang Transportasi


KPHI Award 2018 Tetapkan Embarkasi Haji Padang Terbaik Nasional Bidang TransportasiReviewed by Iskandar Rahmanon.This Is Article AboutKPHI Award 2018 Tetapkan Embarkasi Haji Padang Terbaik Nasional Bidang TransportasiNasional, RedaksiSumbar.com – Komisi Pengawas Haji Indonesia (KPHI) menobatkan Embarkasi haji Padang sebagai Embarkasi terbaik secara nasional pada bidang Transportasi dari sejumlah Embarkasi di Indonesia pada musim haji 2018. Penghargaaan itu diberikan dalam rangkaian acara “KPHI Award” yang digelar di Makasar Kamis Kamis 06/12/2018. “Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi haji Padang yang telah selesai […]

Nasional, RedaksiSumbar.com –
Komisi Pengawas Haji Indonesia (KPHI) menobatkan Embarkasi haji Padang sebagai Embarkasi terbaik secara nasional pada bidang Transportasi dari sejumlah Embarkasi di Indonesia pada musim haji 2018. Penghargaaan itu diberikan dalam rangkaian acara “KPHI Award” yang digelar di Makasar Kamis Kamis 06/12/2018.

“Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi haji Padang yang telah selesai melaksanakan tugas mulia dengan suksesnya kegiatan pemberangkatan dan pemulangan Jemaah Haji pada musim haji 2018. Buahnya telah kita petik dengan dinobatkannya Embarkasi Haji Padang sebagai embarkasi terbaik tahun 2018 bidang transportasi. Penghargaan ini membuktikan terjalinnya koordinasi yang baik antara Kanwil Kementerian Agama Sumatera Barat, dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat bersama instansi terkait yang memiliki andil yang besar dalam menyukseskan penyelenggaraan ibadah haji.” Terang Kakanwil Kemenag Sumbar H. Hendri.

H. Hendri didampingi Kabid PHU, H.Afrijal dan Kepala UPT Asrama Haji, menyampaikan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah bekerja sama untuk kesuksesan pelaksanan jemaah haji di Embarkasi padang.

“Penghargaan ini adalah berkat kerja semua pihak, terimakasih kepada gubernur dan jajaran, unsur Forkorpimda,
Unsur TNI Polri, Pihak Angkasa Pura dan semua pihak yang tidak bisa kami sebutkan satu persatu,” ungkap H. Hendri

Sementara itu dikonfirmasi kepada Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umroh Kanwil Kemenag Sumbar H. Afrijal bahwa penghargaan yang diberikan pada acara KPHI Award ini diterima langsung oleh KaKanwil Kemenag, H. Hendri.

“KPHI adalah lembaga independen yang bertanggung jawab kepada Presiden, dengan tugas melakukan pengawasan dan pemantauan terhadap Penyelenggaraan Ibadah Haji serta memberikan pertimbangan untuk penyempurnaan penyelenggaraan ibadah haji Indonesia, semoga kabar ini bisa mengobati lelahnya seluruh panitia yang terlibat di Embarkasi Padang dalam melayani tamu Allah” harapnya.

[ELFITOS]

http://connect.facebook.net/en_US/all.js#xfbml=1(function(d, s, id) {
var js, fjs = d.getElementsByTagName(s)[0];
if (d.getElementById(id)) {return;}
js = d.createElement(s); js.id = id;
js.src = “http://connect.facebook.net/en_US/all.js#xfbml=1”;
fjs.parentNode.insertBefore(js, fjs);
}(document, ‘script’, ‘facebook-jssdk’));



Sumber

Baca Selengkapnya

Populer

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com