Connect with us

#kpu

KPU Padang Mulai Rakit Kotak Suara

KPU Resmi Tetapkan 7.968 Caleg Peserta Pemilu 2019






Komisi Pemilihan Umum (KPU). (net)

PADANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padang sibuk merangkai kotak suara Pemilu 2019. Selain kotak suara, saat ini penyelenggaran pemilu Kota Padang tengah menanti datangnya logistik lain seperti surat suara, formulir untuk TPS, DPT termasuk buku panduan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara.

Hal tersebut sesuai dengan instruksi dari KPU pusat, Perakitan Logistik KPU Kota Padang dilakukan di 4 Gudang penyimpanan Logistik.

Komisioner KPU Padang Yusrin Trinanda menyebutkan jumlah yang dirakit sampai selesai nanti lebih kurang 12.260 kotak suara, yang dikerjakan oleh 10 orang personil di setiap gudang, dengan jumlah mengerjakannya 40 orang total dari 4 buah gudang logistik yang KPU.

“Kita targetkan 3 atau 4 hari kedepan perakitan ini selesai. Masing-Masing personil mampu merakit 40 kotak suara dalam 1 hari artinya dengan 10 personil yang bekerja setiap hari maka akan selesai 400 kota suara sehari sehingga diperkirakan 3 sampai 4 hari perakitan kota suara selesai untuk KPU Kota Padang. Kita berharap dari logistik yang kita terima dari KPU RI itu tidak ada kerusakan yang berarti,” katanya, kemarin.

Terhadap kotak-kotak yang diterima yang terpacking di logistik plastik, dan sekarang sedang dikerjakan dan diawasi oleh Kasubag umum dan kawan-kawan dari Divisi Umum dan Logistik.

Kasubag Umum dan Logistik Iwan Perdana, yang mengawasi langsung kegiatan perakitan menyampaikan bahwa kotak suara masih dirangkai di beberapa gudang KPU Kota Padang semua masih dalam tahap perakitan. (bambang)










Sumber

Baca Selengkapnya
Click to comment

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

#kpu

Kelompok Pemusik Jalanan Ikut Sukseskan Pemilu

Debat Pilkada Padang Ditunda 7 Mei






KPU (net)

LUBUK BASUNG – Kelompok Pengamen Jalanan (KPJ) hibur masyarakat Agam dalam menyukseskan pemilu 2019 mendatang.

Ketua KPU Agam Riko Antoni, Jumat (15/2) menjelaskan, KPU Agam dalam hal ini berperan mendampingi Program KPU Sumatera Barat melakukan Sosialisasi tentang pemilihan umum melalui musik jalanan.

“Lagu yang disenandungkan yaitu ajakan menyukseskan pemilu dan lagu minang serta hiburan lainnya, “katanya.

Tampilan KPJ tersebut ditempatkan di dua lokasi yaitu di Pasar Inpres Lubuk Basung pada Kamis malam (14/2) dan Jumat pagi (15/2) di Pasar Bawan.

Diharapkan melalui tampilan seni musik ini tingkat partisipasi masyarakat dalam pemilihan umum April 2019 mendatang semakin besar dari periode sebelumnya.

“Kita menargetkan tingkat partisipasi masyarakat mengikuti pemilihan umum mencapai 75 persen, “katanya. (mursyidi)










Sumber

Baca Selengkapnya

#kpu

Surat  Suara Sudah Sampai di Daerah

Surat  Suara Sudah Sampai di Daerah


Komisoner KPU Tanah Datar Fitri Yenti saat terima surat suara Pemilu 2019 didampingi Bawaslu dan pihak kepolisian Tanah Datar, Minggu (10/2) (romelt/kpu)

PADANG –  Sekitar 66 hari menjelang hari pencoblosan 17 April 2019 mendatang, surat suara mulai sampai di Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupetan/kota. Surat Suara yang telah sampai yakni di KPU Pesisir Selatan, Kabupaten Solok dan Tanah Datar.

Ketua KPU Sumbar Amnasmen mengharapkan kepada KPU kabupaten/kota untuk segera melakukan koordinasi dengan Bawaslu kabupaten/kota, kepolisian serta stake holder terkait pengamanan logistik pemilu.

“Informasi yang kita terima dari perusahaan percetakan yang ada di Jawa Timur,  memang sudah ada yang telah dikirim kedaerah seluruh Indonesia yakni surat suara termasuk  Sumatera Barat,” ujar Amnasmen, Minggu (10/2).

Evaluasi logistik Pemilu yang dilakukan dengan KPU kabupaten/kota se-Sumbar, sejauh ini untuk semua kebutuh logistik masih terbilang aman. Namun ada juga di beberapa daerah yakni Sijunjung, Payakumbuh ada beberapa kotak suara yang rusak. Akan tetapi itu sudah diatasi. Pihak rekanan pun telah bersedia mengganti.

Sementara itu, Ketua KPU Pesisir Selatan Epaldi yang dihubungi mengatakan, memang surat suara untuk KPU Pesisir Selatan telah sampai di gudang KPU, Sabtu (9/2).

“Surat  suara yang telah sampai ke KPU Pesisir Selatan berjumlah 1.357.545 lembar untuk jenis surat suara DPR, DPRD provinsi dan DPRD kabupaten.  Untuk surat suara DPD mungkin akan sampai dalam waktu dekat,” ujar Epaldi.

“Di KPU Tanah Datar, baru dua jenis surat suara yang sampai yakni DPR dan DPRD kabupaten dengan jumlah 564.297 lembar surat suara,” ujar anggota KPU Tanah Datar Fitri Yenti. (rel/aci)

Komisoner KPU Tanah Datar Fitri Yenti saat terima surat suara Pemilu 2019 didampingi Bawaslu dan pihak kepolisian Tanah Datar, Minggu (10/2).(Romelt KPU)

 



Sumber

Baca Selengkapnya

#kpu

KPU Akan Beberkan Nama-Nama Caleg Eks Koruptor

Debat Putaran Kedua Pilkada Padang 12 Mei


KPU (net)

JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI akan membeberkan nama-nama caleg yang pernah menjadi koruptor. Adapun, rencana pengumuman itu paling telat dilakukan pada awal Februari 2019.

“Kemungkinan kalau tidak dalam akhir Januari ini ya awal Februari. Tapi prinsipnya akan kita umumkan, dipastikan akan kita umumkan,” kata Komisioner KPU RI, Wahyu Setiawan di Kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Senin (28/1).

Wahyu menuturkan, pihaknya sedang mencocokkan data bersama Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait caleg yang pernah terlibat kasus korupsi. Karena membutuhkan akurasi data, maka pihaknya tak akan terburu-buru untuk merilisnya.

“Kasusnya apa, putusan hukumnya bagaimana, oleh karena itu kan kami sedang dan telah berkoordinasi dengan lembaga penegak hukum antara lain KPK untuk memastikan akurasi data,” ujarnya.

Rencana pengumuman nama caleg eks koruptor, lanjut dia, akan ditaruh di dalam portal KPU RI. Tapi, demi memberi pengetahuan kepada masyarakat terkait calon wakil rakyat yang akan mereka pilih, pihaknya juga berencana merilisnya kepada awak media.

“Misalnya polanya akan kita pasang pengumuman di media massa atau kita jumpa pers mengumumkan. Kan hakikatnya sama saja,” tandasnya dikutip dari okezone. (aci)



Sumber

Baca Selengkapnya

Populer

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com