Connect with us

bamsoet

Ketua KNPI Sumbar, Erick Hariyona : Pemuda Harus Tanamkan Nilai-Nilai Pancasila Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Ketua KNPI Sumbar, Erick Hariyona : Pemuda Harus Tanamkan Nilai-Nilai Pancasila Dalam Kehidupan Sehari-Hari


Ketua KNPI Sumbar, Erick Hariyona : Pemuda Harus Tanamkan Nilai-Nilai Pancasila Dalam Kehidupan Sehari-HariReviewed by Bisri Batubaraon.This Is Article AboutKetua KNPI Sumbar, Erick Hariyona : Pemuda Harus Tanamkan Nilai-Nilai Pancasila Dalam Kehidupan Sehari-HariPADANG, RedaksiSumbar.com – Tingginya peran pemuda dalam kemajuan suatu bangsa dan negara adalah suatu harapan bagi seluruh rakyat Indonesia. Karena, sebagai generasi penerus bangsa yang akan menjadi akar bangsa Indonesia di masa mendatang, harus dapat mewujudkan cita-cita dan tujuan nasional. Dengan memiliki 3 modal dasar yang membuatnya mampu disebut sebagai agent of change (agen perubahan) […]

PADANG, RedaksiSumbar.com – Tingginya peran pemuda dalam kemajuan suatu bangsa dan negara adalah suatu harapan bagi seluruh rakyat Indonesia. Karena, sebagai generasi penerus bangsa yang akan menjadi akar bangsa Indonesia di masa mendatang, harus dapat mewujudkan cita-cita dan tujuan nasional.

Dengan memiliki 3 modal dasar yang membuatnya mampu disebut sebagai agent of change (agen perubahan) dan agent of social control (agen pengawas sosial) yaitu kekuatan moralnya dalam berjuang karena pada intinya apa yang dibuat adalah semata–mata berlandaskan pada gerakan moral yang menjadi idealismenya dalam berjuang.

Seperti dikatakan Erick Hariyona, Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Provinsi Sumatera Barat dibawah komando Fadh A Rafiq mengatakan, pemuda merupakan suatu potensi bagi negara sebagai armada dalam kemajuan bangsa. Peran pemuda sangat penting dalam mengisi pembangunan dan mempertahankan kemerdekaan bangsa. Saat era globalisasi seperti sekarang peran pemuda sangat berpengaruh terhadap bangsa.

“Peran Generasi muda dalam membentuk karakter bangsa sesuai perkataan Bung Karno “Beri aku sepuluh pemuda maka akan kuguncangkan dunia”, yang menegaskan betapa pentingnya peran pemuda dalam kemajuan bangsa dan negara. Baik buruknya suatu negara dilihat dari kualitas pemudanya, karena generasi muda adalah penerus dan pewaris bangsa dan negara,” jelas Erick.

Lanjutnya menjelaskan, generasi muda harus mempunyai karakter yang kuat untuk membangun bangsa dan negaranya, memiliki kepribadian tinggi, semangat nasionalisme, berjiwa saing, mampu memahami pengetahuan dan teknologi guna bersaing secara global.

“Pemuda juga perlu memperhatikan bahwa, mereka mempunyai fungsi sebagai Agent of change, moral force and social control sehingga fungsi tersebut dapat berguna bagi masyarakat,” sebut Erick.

Peran generasi muda dalam menegakan pancasila peranan sosok pemuda/generasi muda adalah dengan memperteguh penanaman nilai-nilai Pancasila di dalam kehidupan sehari-hari, demi NKRI.

“Oleh karena itu, para generasi muda sekarang harus dapat bersatu dan damai walaupun berbeda agama, suku, dan budaya. Dapat berpikir rasional, demokratis, dan kritis dalam menuntaskan segala masalah yang ada di NKRI,” tuturnya.

Dipaparkannya juga, memiliki semangat jiwa muda yang dapat membangun NKRI yang mandiri dapat mencontoh seperti karakter para pahlawan bangsa Indonesia. Dengan cara cinta tanah air dan rela berkorban bagi bangsa Indonesia, serta menjunjung tinggi nilai nasionalisme dan persaudaraan antar agama, ras dan suku bagi semua bangsa Indonesia. Agar tidak terjadi perpecahan ataupun perselisihan antar bangsa Indonesia.

Menjaga persatuan dan kesatuan bangsa bukanlah hal yang mudah. Banyak tantangan dan masalah yang harus dihadapi bersama. Menjaga persatuan dan kesatuan bangsa merupakan kewajiban seluruh rakyat Indonesia karena negara ini tidak hanya terdiri atas satu golongan suku, ras, dan agama, tetapi banyak sekali golongan yang ada di tanah air kita tercinta.

Dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika mari kita perkokoh persatuan dan kesatuan bangsa. Sebagai generasi muda kalian memiliki tanggung jawab yang besar dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Posisi kita kata Erick, sebagai generasi penerus menuntut perilaku yang mampu mendukung persatuan dan kesatuan. Kita harus mampu menunjukkan peran yang positif sebagai pemuda yang memiliki tanggung jawab moral untuk kejayaan bangsa pada masa depan.

Bukan zamannya lagi bermalas-malasan dan melakukan tindakan-tindakan yang tidak terpuji apalagi melakukan tawuran. Pemuda harus bersungguh-sungguh memanfaatkan kesempatan untuk menempa diri. Pemuda adalah harapan akan masa depan Indonesia yang adil dan makmur dalam bingkai persatuan dan kesatuan bangsa dan negara Indonesia. Pemuda juga diharapkan tetap terus menempa dirinya menjadi pribadi-pribadi yang memiliki kematangan intelektual, kreatif, percaya diri, inovatif, dan memiliki kesetiakawanan sosial dan semangat pengabdian terhadap masyarakat, bangsa dan negara yang tinggi.

“Pemuda sebagai garda terdepan dalam proses perjuangan, pembaruan dan pembangunan bangsa, diharapkan mampu mempertahankan dan mengisi kemerdekaan yang telah diraih selama ini,” pinta Erick.

Sesuai yang dikatakan Ketua DPR RI Bambang Soesatyo, disaat menjadi keynote speaker pada seminar nasional “Pemantapan Wawasan kebangsaan XII” yang diselenggarakan oleh DPP KNPI pimpinan Fahd A Rafiq di Surabaya, Jawa Timur (8/8/2018).

Pada kesempatan itu, Bamsoet, meminta kaum muda untuk menerapkan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Karena, terbukti hingga kini pancasila mampu menjadi pondasi yang menguatkan keberagaman dan kebinnekaan bangsa indonesia.

“Tanpa Pancasila, bangsa kita akan hancur berantakan. Tanpa pemuda yang berjiwa pancasila bangsa kita akan tenggelam dalam bayang-bayang. Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) harus menjadi lokomotif pemuda dalam menghayati dan mengamalkan pancasila sebagai pekerkat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” ujar Bamsoet.

Pada acara tersebut turut hadir sebagai pembicara lainnya antara lain, kepala staf kodam V Brawijaya Brigjen TNI Widodo Iryansyah, Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan Mabes Polri Komjen Pol Moechgiyarto dan Ketua Umum DPP Ikatan Peaantren Indonesia Zaini Ahmad. (Red)

Topik: , , , ,

http://connect.facebook.net/en_US/all.js#xfbml=1(function(d, s, id) {
var js, fjs = d.getElementsByTagName(s)[0];
if (d.getElementById(id)) {return;}
js = d.createElement(s); js.id = id;
js.src = “http://connect.facebook.net/en_US/all.js#xfbml=1”;
fjs.parentNode.insertBefore(js, fjs);
}(document, ‘script’, ‘facebook-jssdk’));



Sumber

Baca Selengkapnya
Click to comment

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Populer

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com