Connect with us

News

Dinpar Sumbar :Tidak Hanya Enak, Harga Transparan dan Hyhenis Tapi Juga Menunya Variatif

Dinpar Sumbar :Tidak Hanya Enak, Harga Transparan dan Hyhenis Tapi Juga Menunya Variatif


Senin, 13 Agustus 2018 – 11:27:22 WIB – 95

Pelatihan pengelolaan usaha kuliner 2018

PADANG – Dinas Pariwisata Sumatera Barat menggelar pelatihan pengelolaan usaha kuliner tahun 2018 di Hotel Amaris Padang, Senin, (13/8/2018). Dengan tema “Melalui workshop peningkatan kapasitas pelaku usaha pariwisata kita tingkatkan pelayanan serta kualitas dalam mendorong kunjungan wisatawan ke Sumatera Barat”.

Pelatihan ini diikuti kurang lebih 100 peserta yang berasal dari usaha kuliner. Sementara materi yang diberikan meliputi tata kelola manajemen dan SDM kuliner, pengelolaan keuangan bisnis kuliner, motivasi dan pemahaman hygienitas usaha kuliner, maupun praktek pengelolaan makanan.

Kadis Pariwisata Sumbar diwakili Kabid Destinasi, Doni Hendra mengatakan Kesuksesan usaha kuliner sangat tergantung pada makanan yang enak, bersih dan harga yang transparan. Selain itu usaha kuliner rumah makan mengedepankan ciri khas dan memperkenalkan kearifan lokal daerah masing-masing.

Doni Hendra mengatakan Potensi usaha kuliner di Indonesia belakangan ini kian menjanjikan, orang yang datang ke Sumbar tidak hanya karena destinasi tetapi karena ciri khas kulinernya.

Beberapa kuliner Indonesia juga sudah dikenal dunia di antaranya rendang. CNN Travel dunia pada tahun 2017 merilis 50 makanan terlezat di dunia, rendang yang merupakan makanan khas Indonesia menempati posisi pertama dan nasi goreng di posisi kedua. Penetapan posisi ini merupakan hasil pooling facebook yang divote 35 ribu suara dari seluruh dunia.

“Kami harapkan peserta dapat mengikuti pelatihan ini dengan baik. Mengapa ini penting karena pelaku-pelaku kecil seperti kuliner kadang-kadang berusaha bisa, tapi manage itu yang belum profesional,” ujar Doni.

Doni menjelaskan pelatihan klinik bisnis pelaku usaha kuliner ini bertujuan meningkatkan sinergi instansi pemerintah dalam memberdayakan usaha mikro kecil. Tujuan lain agar bagaimana pelatihan ini mampu mengedukasi, meningkatkan wawasan, dan praktek usaha sehingga tujuan usaha bisa tercapai.

Tambahnya, selain persoalan keenakan makanan juga hygenitas toiletnya. “Jika tidak bersihnya toilet dan kurang capabel pelaku usaha kuliner berarti pariwisata telah gagal,” tandas Doni.

“Ini akan berlangsung selama dua hari. Saya berharap bagaimana kita bisa dapat outpout dari unit usaha kita sendiri, dan juga tour ke rumah rendang,” tutur Doni.

Ia menambahkan adanya jaminan kualitas makanan tidak hanya hygenis tetapi juga sehat dan menyehatkan serta jaminan halal.

Di tengah melejitnya kuliner Indonesia ke pasar dunia, Narasumber akademisi pariwisata, Tatang menekankan agar pelaku usaha kuliner memperbaiki tata kelola kegiatan usahanya secara profesional, baik dari sisi manajemen keuangan, kemasan hingga sumber daya manusia. Tatang berharap melalui pelatihan semacam inilah pelaku usaha bisa menjawab tantangan tersebut.

Banyaknya kunjungan ke Sumbar dan penambahan rute penerbangan dalam dan ke luar Sumbar, Kapasitas pelaku usaha kuliner harus digiatkan dengan memanfaatkan teknologi informasi.

“Sumatera Barat memiliki potensi yang luar biasa seperti Tanah Datar dengan istano Pagaruyung dan Mentawai menjadi sorga surfing wisatawan ini potensi perlu terus dikelolah dengan optimal,” tutup Narasumber kedua Tito Loho. (RI)

Polling Capres cawapres 2019-2024

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi

Tag: padang,pariwisata,sumatra-barat

Kebakaran Hanguskan 13 Rumah di Ampang Gadang, Relawan PMI Bukittinggi Berikan Pertolongan

Kebakaran Hanguskan 13 Rumah di Ampang Gadang, Relawan PMI Bukittinggi Berikan Pertolongan

BUKITTINGGI – Staf dan Relawan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bukittinggi yang setiap hari berada di markas, siap…

Senyum Kemerdekaan bagi Penderita Bibir Sumbing di Padang, Ini Kata Ketua PWM Sumbar

Senyum Kemerdekaan bagi Penderita Bibir Sumbing di Padang, Ini Kata Ketua PWM Sumbar

PADANG — Ketua PW Muhammadiyah Sumbar Dr. Shofwan Karim Elhusein menghadiri Launching operasi bibir sumbing serentak…

Wirabraja Merah Putih Adventure Offroad 2018 di Payakumbuh, Ratusan Offroader Unjuk Gigi

Wirabraja Merah Putih Adventure Offroad 2018 di Payakumbuh, Ratusan Offroader Unjuk Gigi

PAYAKUMBUH – Wirabraja Merah Putih Adventure Extreme Offroad 2018 resmi ditabuh dengan dilepasnya Offroader Oleh…

Ranperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD 2017 Tanah Datar Disahkan Jadi Perda

Ranperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD 2017 Tanah Datar Disahkan Jadi Perda

TANAH DATAR – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kabupaten Tanah Datar kembali mengadakan Rapat Paripurna pendapat…

Jelang Tes Kesehatan Capres dan Cawapres, Ini yang Dilakukan Prabowo-Sandiaga

Jelang Tes Kesehatan Capres dan Cawapres, Ini yang Dilakukan Prabowo-Sandiaga

POLITIK – Pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) yang akan maju pada Pilpres 2019 sudah…

(function(d, s, id) {
var js, fjs = d.getElementsByTagName(s)[0];
if (d.getElementById(id)) return;
js = d.createElement(s); js.id = id;
js.src = “http://connect.facebook.net/id_ID/sdk.js#xfbml=1&version=v2.8&appId=1208534375853801”;
fjs.parentNode.insertBefore(js, fjs);
}(document, ‘script’, ‘facebook-jssdk’));



Sumber

Daerah

Masyarakat Merasa Terayomi Dengan Adanya Bhaksoyankesmas di TMMD Mentawai

Masyarakat Merasa Terayomi Dengan Adanya Bhaksoyankesmas di TMMD Mentawai


Masyarakat Merasa Terayomi Dengan Adanya Bhaksoyankesmas di TMMD MentawaiReviewed by Koko Rakasiwion.This Is Article AboutMasyarakat Merasa Terayomi Dengan Adanya Bhaksoyankesmas di TMMD MentawaiTUA PEJAT, RedaksiSumbar.com–Masyarakat kepulalaun Mentawai berbondong-bondong memenuhi halaman Rumah Sakit Umum Daerah ( RSUD ) Rabu 20 Maret 2019. Mereka datang dengan.membawa berbagai keluhan dan sakit yang dirasakannya. Masyarakat terluhat sangat antusias dengan layanan yang diberikan oleh para tenaga medis dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Mentawai yang bekerjasama d3ngan Kodim 0319 dalam rangkaian TMMD 104 […]

TUA PEJAT, RedaksiSumbar.com–Masyarakat kepulalaun Mentawai berbondong-bondong memenuhi halaman Rumah Sakit Umum Daerah ( RSUD ) Rabu 20 Maret 2019. Mereka datang dengan.membawa berbagai keluhan dan sakit yang dirasakannya. Masyarakat terluhat sangat antusias dengan layanan yang diberikan oleh para tenaga medis dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Mentawai yang bekerjasama d3ngan Kodim 0319 dalam rangkaian TMMD 104 tahun 2019

Lebih kurang 484 orang antri di bawah tenda yang telah disediakan oleh pihak Rumah Sakit Umum Daerah Mentawai dan mereka dengan sabar menunggu namanya dipanggil satu perasatu. Disitu warga Bumi Sikerei ini menerima pelayanan diantaranya chek up umum, khitanan massal, perawatan gigi, dan lainnya.

Disamping itu di aula Makodim 0319 juga diadakan penyuluhan gerakan masyarakat yang dihadiri oleh para ibu-ibu yang berjumlah lebih kurang 100 orang.

Tim dari Kementrian Kesehatan RI yang dipimpin oleh Kolonel Infantri Shandy beserta rombongan melakukan peninjauan ke lokasi dimana kegiatan ini dilaksanakan. Rombongan disambut oleh Dandim 0319 Letkol Czi Didid,Kasdim mayor TNI Puwadi, Kepala Dinas Kesehatan Lahkudin,Skm, dan beberapa Kepala OPD dilingkungan Pemkab Mentawai.

Kepala Dinas Kesehatan Lahmudin Siregar mengatakan, setelah mengunjungi Rumah Sakit rombongan melanjutkan kunjungannya ke kantor BPBD dan Instalasi Farmasi guna melihat kesiapan dalam penanggulangan terjadi bencana .Apakah sudah terbentuk tim kesiapan penanggulangan kesiagaan Megathrush yang saat ini tengah diwaspadai di Mentawai.

Dikatakan Lahmudin, dengan adanya TMMD di Mentawai dia sangat mengaplause kegiatan ini dimana kita semua tahu kegiatan TMMD ini bertujuan dan bersentuhan langsung dengan masyarakat .Dimana sebelumnya masyarakat enggan datang ke Puskesmas atau Rumah Sakit untuk berobat.Dengan adanya TMMD ini dengan sistim jemput bola maka masyarakat yang tinggalnya jauh dipedalamab dapat terjangkau dalam pemberia layanan.Lahmudin mengatakab TNI memang luar biasa.( Daniwarti).

http://connect.facebook.net/en_US/all.js#xfbml=1(function(d, s, id) {
var js, fjs = d.getElementsByTagName(s)[0];
if (d.getElementById(id)) {return;}
js = d.createElement(s); js.id = id;
js.src = “http://connect.facebook.net/en_US/all.js#xfbml=1”;
fjs.parentNode.insertBefore(js, fjs);
}(document, ‘script’, ‘facebook-jssdk’));



Sumber

Baca Selengkapnya

Daerah

Pentas Seni Merupakan Edukasi Pada Generasi Milenial di Pemilu 2019 Mendatang.

Pentas Seni Merupakan Edukasi Pada Generasi Milenial di Pemilu 2019 Mendatang.


Pentas Seni Merupakan Edukasi Pada Generasi Milenial di Pemilu 2019 Mendatang.

Pentas Seni Merupakan Edukasi Pada Generasi Milenial di Pemilu 2019 Mendatang.Reviewed by Koko Rakasiwion.This Is Article AboutPentas Seni Merupakan Edukasi Pada Generasi Milenial di Pemilu 2019 Mendatang.TUA PEJAT, RedaksiSumbar.com–Dalam rangka meningkatkan kepedulain generasi muda yang lebih dikenal generasi milenial dalam partisipasinya pada Pemilu 2019 ini,Komisi Pemilihan Umum ( KPU) kabupaten kepulauan Mentawai mengadakan sosialisasi pemilu melalui pentas seni yang diikuti oleh generasi milenial kalangan pelajar tingkat SLTA. Acara diadakan dinhalaman kantor Dinas Perhubungan dekat dermaga Fery. Ketua KPUD Kabupaten Kepulauan Mentawai […]

TUA PEJAT, RedaksiSumbar.com–Dalam rangka meningkatkan kepedulain generasi muda yang lebih dikenal generasi milenial dalam partisipasinya pada Pemilu 2019 ini,Komisi Pemilihan Umum ( KPU) kabupaten kepulauan Mentawai mengadakan sosialisasi pemilu melalui pentas seni yang diikuti oleh generasi milenial kalangan pelajar tingkat SLTA. Acara diadakan dinhalaman kantor Dinas Perhubungan dekat dermaga Fery.

Ketua KPUD Kabupaten Kepulauan Mentawai Eki Butman mengatakan kegiatan ini sasarannya adalah para kaum milenial atau pemilih pemula dan generasi muda. Ini adalah usaha KPUD Mentawai dengan para generasi muda dan berkreasi dalam menghadapi pemilu 17 April 2019 yang sebentar lagi akan dilaksanakan.

Dijelaskan Eki, dengan dikemasnya sosialisasi dan himbauan untuk memilih dalam berbentuk acara seni ini,mengajak para pemuda dan pemudi ikut jadi peserta pada kegiatan ini. Dalam kegiatan ini terkandungbunsur edukasi dan nilai-nilai seperti pada stand up komedi, disitubada muatan pemilunya.Dengan diadakannya kegiatan seperti ini secara tak langsung kita telah memberikan edukasi pada pelaksanaan pemilu yang akan datang.

Pada kesempatan ini Ketua KPUD Mentawai Eki Butman berharap di Mentawai berlangsung pemilu damai, indah dan sejuk.Dengan adanya seni maka kegiatan pemilu akan menjadi indah damai dan adem.Pada masa menjelang pemilu ini hendaknya suasana jangan tegang dan terfokus pada kampanye saja.Marilah kitabisi dengan seni dan kreatifitas yang mengisi ajakab untuk tidak Golput.

( Daniwarti).

http://connect.facebook.net/en_US/all.js#xfbml=1(function(d, s, id) {
var js, fjs = d.getElementsByTagName(s)[0];
if (d.getElementById(id)) {return;}
js = d.createElement(s); js.id = id;
js.src = “http://connect.facebook.net/en_US/all.js#xfbml=1”;
fjs.parentNode.insertBefore(js, fjs);
}(document, ‘script’, ‘facebook-jssdk’));



Sumber

Baca Selengkapnya

Daerah

Kecelakaan Maut Di Pasbar 2 Orang Pengendara Motor Meninggal Dunia

Kecelakaan Maut Di Pasbar 2 Orang Pengendara Motor Meninggal Dunia


Kecelakaan Maut Di Pasbar 2 Orang Pengendara Motor Meninggal DuniaReviewed by Koko Rakasiwion.This Is Article AboutKecelakaan Maut Di Pasbar 2 Orang Pengendara Motor Meninggal DuniaPASAMAN BARAT, RedaksiSumbar.com – Jalan nasional yang menghubungkan Simpang Empat – Ujung Gading, Kabupaten Pasaman Barat makan korban jiwa. Setelah terjadi kecelakaan antara mobil dengan sepeda motor, Rabu (20/3/2019) sekitar pukul 13.20 Wib. Kejadian kecelakaan yang menewaskan 2 orang itu terjadi di Jorong Kampung Alang, Nagari Muaro Kiawai, Kecamatan Gunung Tuleh, Kabupaten Pasaman Barat, Sumbar. […]

PASAMAN BARAT, RedaksiSumbar.com – Jalan nasional yang menghubungkan Simpang Empat – Ujung Gading, Kabupaten Pasaman Barat makan korban jiwa. Setelah terjadi kecelakaan antara mobil dengan sepeda motor, Rabu (20/3/2019) sekitar pukul 13.20 Wib.

Kejadian kecelakaan yang menewaskan 2 orang itu terjadi di Jorong Kampung Alang, Nagari Muaro Kiawai, Kecamatan Gunung Tuleh, Kabupaten Pasaman Barat, Sumbar.

Dijelaskan Kapolres Pasaman Barat melalui Kasatlantas Polres Pasbar, Iptu Ghanda. S.I.K, kejadian berawal mobil honda BRV Nopol BK-1712-YZ yang dikemudikan oleh Juandi Edison Sihombing (37) warga PT. BPP Air Balam datang dari arah Pasar Kiawai menuju Sungai Aur.

Diduga dengan kecepatan tinggi saat melewati tikungan, posisi mobil BRV melebar ke kanan jalan. Sehingga, tertabrak Sepeda Motor Honda Vario dikendarai oleh Nasril Hidayat (14) yang sedang berboncengan dengan Harsila Hafis Prayoga (11) yang datang dari arah berlawanan.

“Akibat dari kecelakaan tersebut mengakibatkan pengendara sepeda motor atas nama Nasril Hidayat meninggal ditempat. Sementara Harsila Hafis Prayoga meninggal di Rumah Sakit Yarsi Simpang Empat. Keduanya warga Jorong Kampung Alang,” terang Kasat.

Dari kejadin itu, Satlantas Polres Pasaman Barat mengamankan mobil BRV dan Sepeda Motor. Sementara sopir sedang dilakukan pemeriksaan di Mapolres Pasaman Barat.

“Sekarang barang bukti sudah diamankan di Mapolres Pasaman Barat beserta sopir mobil sedang dimintai keterangan. Akibat kecelakaan itu diperkirakan mengalami kerugian materil lebih kurang Rp. 15.000.000,” jelas Kasat.

(Bisri Batubara)

http://connect.facebook.net/en_US/all.js#xfbml=1(function(d, s, id) {
var js, fjs = d.getElementsByTagName(s)[0];
if (d.getElementById(id)) {return;}
js = d.createElement(s); js.id = id;
js.src = “http://connect.facebook.net/en_US/all.js#xfbml=1”;
fjs.parentNode.insertBefore(js, fjs);
}(document, ‘script’, ‘facebook-jssdk’));



Sumber

Baca Selengkapnya

Populer

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com